Berdekatan dengan Singapura dan Malaysia membuat Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, melirik dua negara itu untuk mengembangkan pariwisata di Kota Batam. Singapura dan Malaysia diajak untuk berperan dalam mempromosikan objek wisata di Batam kepada wisatawan yang plesiran ke Singapura dan Malaysia.

“Caranya, kami mengajak Asosiasi Pengelola Wisata (Asita) Singapura dan Malaysia untuk bekerja sama agar wisatawan yang ke Singapura dan Malaysia juga singgah ke Batam,” kata Asisten Ekonomi ddan Pembangunan Pemkot Batam, Gintoyono Batong.

Gintayono  mengungkapkan  Singapura dan Malaysia hanya  berjarak 14 kilometer dari Batam, karena tidak salah jika kedua negara di Asia Tenggara itu membuat paket tambahan wisata ke batam untuk ditawarkan ke wisatawan mancanegara yang akan berwisata ke Singapura dan Malaysia.

Menurut Gintayono penawaran yang diberikan Singapura dan Malaysia kepada wisatawan mancangera untuk mampir ke Batam harus disertai dengan penawaran wisata yang menarik, agar wisatawan mancanegara berminat datang ke Batam. Contohnya seperti penawaran menikmati makan malam di pinggri pantai Batam. “Karenanya, kami berusaha mengembangkan budaya bahari untuk menarik wisatawan,” ujar  Gintoyono.

 

Selain itu, pemerintah juga menggelar lomba perahu kecil tanpa awak dan tanpa ‘remote control’ yang bergerak sesuai arah angin. “Kami sebut dengan lomba Jong. Ada pula kawasan wisata olahraga pantai yang kami kembangkan untuk skala internasional di Pantai Lagoi,” lanjut  Gintoyono.

Selain itu, pemerintah Kota Batam juga membenahi daerah tujuan wisata kepulauan, di antaranya Pulau Natuna yang akan menjadi pulau militer. Juga pulau-pulau lainnya, seperti Bintan, Anambas dan Tanjung Pinang.

Pada 2017 ini industry wisata Batam ditargetkan didatangi 2,5 juta turis. Target itu menjadi bagian dari target 15 juta wisatawan secara nasional pada tahun 2017.

 

 

About the Author

Related Posts

  Iklim investasi di Indonesia diprediksi bakal bersinar setelah kembali mendapat peringkat yang...

Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menunjuk pemerintah provinsi...

Gaung Sail Sabang 2017 yang dihelat 28 November hingga 5 Desember 2017 sudah mulai menggema di...

Leave a Reply