Bagi anda yang  memiliki rencana berwisata ke Sumatera Utara tahun ini, namun masih bingung mencari objek wisata mana saja yang akan dikunjungi selama di Sumatera Utara jangan khawatir,  Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah merilis Calender of  Event  Pariwisata Danau Toba 2017.

Kalender ini resmi diluncurkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan  Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung di Gedung Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Senin malam, 20 Maret 2017. Peluncuran calender of  event  ini sebagai upaya mempromosikan destinasi pariwisata Danau Toba yang ditetapkan pemerintah sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas atau yang dikenal dengan 10 “Bali Baru”.

Dalam keterangan pers secara tertulis yang diterima Redaksi El John News, Menpar menyambut baik diluncurkan kalender wisata ini. Menpar berharap tidak ada event yang berubah dalam kalender tersebut, pasalnya selain kemenpar, jadwal event wisata yang ada di kalender  memudahkan agen perjalanan dalam memasarkannya. “”Kepastian jadwal dan tempat kegiatan ini penting jangan sampai berubah tanggal ataupun bulan karena akan menjadi timeline- nya para travellers. Kemenpar  juga akan mudah untuk mempromosikan, begitu pula perusahaan biro perjalanan akan berani membuat menjadi paket wisata untuk dijual kepada wisatawan,” kata Menpar.

Menpar telah menghitung-hitung berapa devisa yang diterima  negara dari hasil wisatawan mancanegara  yang datang  ke Danau Toba. Target devisa yang diterima ditargetkan mencapai US$ 5 miliar sampai tahun 2019 dengan jumlah target 1 juta wisatawan mengunjungi Danau Toba. Untuk mencapai  target tersebut dibutuhkan penambahan anggaran  sebesar Rp 50 miliar di tahun 2017.

Menpar menjelaskan,pembangunan di Danau Toba memiliki peran penting dalam mewujudkan target pariwisata nasional. Kemenpar menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk wistawan domestik ditargetkan sebanyak 275  ribu orang yang berwisata ke seluruh wisata yang ada di tanah air.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung mendukung langkah Menpar tersebut. Menurutnya seluruh stakeholder  pariwisata di Sumut siap mensukseskan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia yang akan mendatangkan jutaan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik,  sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. “Kegiatan pariwisata Danau Toba ditargetkan pada 2019 akan memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 16 triliun serta menciptakan sebanyak 300 ribu lapangan kerja baru. Ini akan meningkat kesejahteraan masyarakat Sumut,” kata Nurhajizah.

Berikut adalah Calender of  Event  Pariwisata Danau Toba 2017:

  1. Coffee Festival Toba (20-21 Mei 2017)
  2. Soposurung Art Festival (16-17 Juni 2017)
  3. Toba Nauli Photo Contest & Exhibition (27-30 Juli 2017)
  4. Pesta Bunga dan Buah (Kabupaten Karo, 6-9 Juli 2017)
  5. Festival Gondang Sabangunan (Kabupaten Humbanghas, 24 Juli 2017
  6. International Toba Kayak Marathon (Kabupaten Tobasa, 28-30 Juli 2017)
  7. Paralayang (Kabupaten Tapanuli Utara), Toba Granfondo 2017, Karnaval Pesona Danau Toba (Kabupaten Tobasa), Festival Danau Toba (Prov Sumut, 9-12 September 2017)
  8. Pesta Budaya Nyuah-Nyuah (Kabupaten Dairi, 26-30 September 2017)
  9. Pesta Rondang Bittang (Kabupaten Simalungun, 28-30 September 2017
  10. EXCOTISM T.O.B.A. BLUE (7-9 Oktober 2017)
  11. Samosir Jazz Seasons (Kabupaten Samosir, 28 Oktober 2017)
  12. Toba Trail Ultra (28 Oktober 2017)
About the Author

Related Posts

Pariwisata di Sumatera Barat tercium hingga ke Eropa. Dampaknya ada minat dari sejumlah pengusaha...

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengeluarkan tindakan tegas kepada Royale VIP Bus....

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sejumlah titik panas di beberapa...

Leave a Reply