Gamelan menjadi salah satu seni budaya yang dimiliki Indonesia.  Keunikan dan suara yang khas menjadikan kesenian dari Jawa Tengah itu,  sebagai media untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Indonesia. Alhasil upaya menyedot wisman dengan kesenian gamelan ini pun tercapai.  Wisman dari Inggris dan Irandia tercatat sebagai wisman yang paling banyak menyukai gamelan.Tidak mengherankan bila di Inggris tersebar begitu banyak komunitas pegiat gamelan dengan berbagai aliran seperti gamelan Solo, Yogyakarta atau gamelan Bali

Terkait hal tersebut Kedutaan Besar Republik Indonesia di London melalui kantor Atase Pendidikan Kebudayaan (Atdikbud) menggagas program residensi seniman gamelan di Kerajaan Inggris.

Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI London Prof E. Aminudin Aziz menghatakan program residensi atau pelatihan khusus seniman yang didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  ini dilakukan dalam upaya mengukuhkan rasa cinta pegiat seni gamelan di Inggris dan Irlandia terhadap kesenian Indonesia terutama gamelan.

“Kita bukan hanya menyediakan fasilitasi bagi mereka untuk bisa bermain dan membuat pertunjukan gamelan, namun menanamkan proses pendidikan yang menyenangkan,” ujarn Aminudin.

Langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dalam mengembangkan seni gamelan di Inggris dan Irandia mendapat dukungan dari Dubes RI di Inggris Raya dan Irlandia Dr Rizal Sukma.  Mengembangkan gemalan di Inggris dan Irlandia menjadi misi yang diemban KBRI di London.

Ada empat tim residensi seniman yang akan ke Inggris Raya dan Irlandia dan ditempatkan di lembaga mitra yang memiliki program belajar gamelan. Mereka akan memberikan ilmu kepada komunitas pecinta gamelan di Inggris dan Irlandia selama satu tahun. Selain itu juga akan datang dosen gamelan dari ISI Surakarta, Jateng, Prasadiyanto yang ditempatkan di Royal Conservatoire of Scotland (RCS), Glasgow selama tiga bulan mulai akhir Maret ini.

About the Author

Related Posts

Ada yang berbeda di Gedung Sate Bandung pada hari Minggu, 19 November 2017. Pada hari itu,  ribuan...

Prestasi manis kembali diraih Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Setelah berhasil...

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku   telah membahas realiasasi investasi di Jakarta...

Leave a Reply