Janji Pemerintah untuk mendatangkan pengajar gamelan ke negara-negara yang tergabung dalam persemakmuran Inggris akhirnya terealisasi . Pengajar dan akademisi asal Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Prasadiyanto dikirim oleh pemerintah ke Skotlandia untuk mengajar mahasiwa-mahasiswa seni Royal Conservative of Scotland (RCS) di Skotlandia, selama tiga bulan.

Para mahasiswa di perguruan tinggi seni terbaik di dunia ini sudah lama menantikan kehadiran Prasadiyanto. Kepiawaian  Prasadiyanto di mata mahasiswa RCS dalam mamainkan gamelan sudah tidak diragukan lagi. Selain melatih, Prasadiyanto juga akan membantu menyiapkan materi untuk rencana pergelaran pertunjukan gamelan di Skotlandia, dan konser gamelan pada Juni mendatang dan konser simfoni akbar pemutaran film bisu “Setan Jawa” karya Garin Nugroho dengan komposisi gamelan oleh Rahayu Supanggah di kota Glasgow.

“Kedatangan pengajar gamelan di Inggris merupakan inisiatif KBRI London bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hal ini sebagai bentuk upaya mempopulerkan kebudayaan Indonesia di Inggris,” tegas Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London, Professor E Aminudin Aziz melalui keterangan tertulis.

Pemerintah Indonesia berkomitmen akan mendatangkan pengajar lainnya sebagai bagian untuk mempromosikan budaya ke negara persemakmuran Inggris, yakni Inggris, Irlandia Utara dan Skotlandia. Warga umumnya mahasiswa asal negara-negara  persemakmuran Inggris menjadi warga negara asing yang paling banyak memintai seni gamelan.

“Peminat gamelan semakin meningkat di Inggris. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah set gamelan yang terus bertambah hingga 150 set dengan bertambah pula anggota pecinta kesenian gamelan,” ujar Amin.

Tak hanya itu,  KBRI London juga bekerja sama dengan Kemendikbud untuk mendatangkan pengajar bahasa Indonesia dan budaya untuk mengajar di beberapa sekolah dasar dan menengah yang ada di Inggris.

 

About the Author

Related Posts

  Momentum bulan ramadhan selain merupakan bulan yang suci untuk perbanyak ibadah, juga merupakan...

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 triliun,...

Sebanyak 29 dari 36  desa se-Bali terpilih sebagai pemenang Desa Wisata Award 2017. Acara...

Leave a Reply