Perkotaan menjadi wilayah yang mencetak angka tertinggi kekerasan seksual  tertinggi  terhadap perempuan dibandingkan di pedesaan. Demikian bunyi hasil survey Hasil Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) yang diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) dan  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), di Kantor BPS, Jakarta, Kamis, 30 Maret 2017.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan dari total 33,4% perempuan 15-64 tahun yang seumur hidup menjadi korban kekerasan fisik dan seksual, 15,3% di antaranya merupakan korban kekerasan

“Dalam 12 bulan terakhir, sekitar 1 dari 10 perempuan mengalami kekerasan fisik dan seksual dari pasangan dan selain pasangan. Sebanyak 36% ada di perkotaan, sedangkan desa 19,8%,” kata Suhariyanto

Hasil survey tersebut diambil dari survey terhadap 9000 rumah tangga. Bentuk kekerasannya pun bermacam-macam mulai dari meraba hingga memaksa untuk melakukan hubungan badan.

Data BPS menyebutkan  perempuan yang pernah atau sedang menikah, sebanyak 7,8% melakukan hubungan seksual karena takut, 6,3% dipaksa melakukan hubungan saat tidak ingin, hingga dipaksa melakukan tindakan seksual yang merendahkan atau memalukan sebanyak 2%.

Tak hanya kekerasan secara fisik dan emosional, kekerasan yang dialami perempuan Indonesia juga berupa kekerasan ekonomi.

BPS  mencatat, sekitar satu dari empat (24,5 persen) perempuan yang pernah atau sedang menikah mengalami kekerasan ekonomi dari pasangannya selama hidupnya.

kekerasan ekonomi yang dimaksud bervariasi mulai dari tidak diperbolehkan bekerja oleh pasangan, pasangan yang mengambil penghasilan atau tabungan tanpa persetujuan pihak istri, atau pasangan yang menolak memberikan uang belanja padahal diketahui memiliki uang.

Bila dirinci, ada 19,5 persen perempuan yang pernah mengalami kekerasan ekonomi berupa larangan bekerja oleh pasangan. Sementara itu, tercatat ada 3,6 persen perempuan yang tabungannya diambil oleh pasangan tanpa persetujuan. Selain itu juga ada 5,1 persen perempuan yang mengalami penolakan dari suami atas uang belanja.

About the Author

Related Posts

  Momentum bulan ramadhan selain merupakan bulan yang suci untuk perbanyak ibadah, juga merupakan...

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 triliun,...

Sebanyak 29 dari 36  desa se-Bali terpilih sebagai pemenang Desa Wisata Award 2017. Acara...

Leave a Reply