National Pension Service (NPS) Korea Selatan berkomitmen membantu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan membangun kerja sama internasional untuk melindungi para pekerja migrant melalui skema Social Security Agreement (SSA), baik untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) maupun tenaga kerja asing (TKA).

Hal tersebut merupakan salah satu point kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan NPS. NPS diketahui sebagai organisasi penyelenggara system pensiun terbaik di dunia. Selain itu secara umum NPS memiliki karakteristik yang mirip dengan BPJS Ketenagakerjaan, karena menerapkan system penyelenggaraan pension yang multi-tier. NPS juga tercatat sebagai pemilik SSA paling banyak di dunia.

Untuk Jangka Pendeknya kedua pihak sepakat menyusun program berbagi informasi terkait penyelenggaraan pension di bidang aktuaria, perluasan dan administrasi kepesertaan, serta teknologi informasi baik yang dilakukan Korse maupun di Indonesia.

Dalam rilisnya, Direktur Renstra dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono mengatakan banyak pengalaman NPS yang bisa dipelajari, seperti keberhasilan untuk mencapai universal coverage dalam waktu hanya 11 tahun semenjak pertama kali diselenggarakan bagi rakyat Korsel tahun 1988.

“Pencapaian yang luar biasa ini menjadikan NPS sebagai penyelenggara pension publik terbesar ketiga di dunia dengan total dana kelolaan sebesar US$ 462 miliar,” terang Sumarjono.

Sementara itu sejak dimplementasikan pada 1 Juli 2015 lalu, tercatat sebanyak 12,1 juta tenaga kerja sudah terdaftar dalam kepesertaan program jaminan pension sampai dengan Februari 2017.

Namun angka tersebut masih jauh dari jumlah angkatan kerja pad tahun 2017. Data Bappenas menunjukan angkatan kerja di Indonesia mencapai 127,1 juta, dengan 39,1 juta diantaranya aktif bekerja sebagai pekerja formal atau pekerja perima upah.

About the Author

Related Posts

Ada yang berbeda di Gedung Sate Bandung pada hari Minggu, 19 November 2017. Pada hari itu,  ribuan...

Prestasi manis kembali diraih Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Setelah berhasil...

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku   telah membahas realiasasi investasi di Jakarta...

Leave a Reply