Siapa bilang DKI Jakarta tidak memiliki pulau-pulau yang indah bak Raja Ampat ataupun Wakatobi. Bahkan pulau-pulau di ibukota ini siap bersaing dengan pulau-pulau ternama yang terpajang dari sabang hingga marauke. Pulau-pulau yang ada di Jakarta masuk ke dalam wilayah administrasi Kepuluan Seribu yang letaknya berada di teluk Jakarta.

Kepulauan ini terdiri dari 128 pulau kecil-kecil yang di dalamnya terdapat banyak pantai dengan pemandangan indah dan luar biasa. Beberapa pulau yang termasuk wilayah Kepulauan Seribu dan menjadi tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Bira, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka. Pulau-pulau ini memiliki daya tarik wisata yang berbeda-beda yang dapat memanjakan wisatawan untuk berlama-lama di tempat wisata andalan milik Jakarta ini.

Di Pulau Seribu, setiap wisatawan bebas untuk melakukan berbagai kegiatan. wisatawan bisa berenang hingga menyelam melihat keindahan terumbu karang yang hidup subur bersama biota laut yang lucu dan menarik. Air yang jernih dengan warna kebiruan yang dimiliki Kepulauan Seribu, melengkapi petualangan berenang dan menyelam para  wisatawan. Selain berenang dan menyelam, wisatawan bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing. Memancing menggunakan perahu di tengah laut atau di sekitar pulau adalah  kegiatan yang begitu menarik yang ditawarkan di Kepulauan Seribu.

Jika kegiatan yang menyenangkan tersebut belum bisa dikatakan puas, ada daya tarik yang lain yang disuguhkan oleh tiap-tiap pulau yang ada di Kepulauan Seribu diantaranya ada jembatan cinta. Jembatan ini cocok bagi wisatawan yang datang bersama kekasihnya dan mengabadikan moment tersebut dengan latar jambatan cinta. Tak hanya itu, ada juga pulau-pulau yang memiliki spot untuk menikmati matahari terbenam dan terbit.

Selain itu,  yang menjadi daya tarik lainnya dari pulau yang ada di kepulauan seribu ialah adanya nilai sejarah, dimana dulu ada banyak para penjajah menjadikan beberapa pulau sebagai pulau pertahanan atau tempat berdiam diri

Dari Kepualuan Seribu, kita bergeser ke Kota Tua. Wisata yang satu ini juga tidak kalah menariknya yang dimiliki DKI Jakarta. Kota tua merupakan salah satu objek wisata yang cukup digemari oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara, hal ini dibuktikan dengan selalu banyaknya pengunjung yang mengunjungi kawasan ini setiap harinya, terutama ketika menghadapi hari – hari libur Kota Tua ini nampak menjadi tempat wisata yang tiada matinya hingga 24 Jam.

Namun tak heran jika banyak pengunjung yang lebih menyukai mengunjungi tempat wisata ini pada malam hari, pasalnya Kota Tua ini bisa memberikan kesan lebih di malam hari, Dibakut dengan gemerlapnya lampu – lampu khas ibu kota, mamapu menyulap keindahan Kota Tua ini menjadi destinasi wisata yang cukup elegan dengan suasana pemandangan seperti bangunan – bangunan peninggalan jaman penjajah belanda yang sudah melegenda di hati para pecintanya.

Selain itu juga Kota Tua ini pastinya mempunyai ciri khas yang sangat unik dengan dihadirkannya beberapa pameran seni, museum serta artefak – artefak kuno jaman dahulu yang turut serta melengkapi keindahan Kota Tua ini, Berada tak jauh dari pusat Kota, Wisata Kota Tua ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup digemari, karena untuk menikmati keindahan suasananya kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal di tempat ini.

Melihat memiliki keindahan yang begitu menakjubkan untuk menarik wisatawan, Pemerintah dan Kementerian Pariwisata akhirnya memasukan Kepulauan Seribu dan Kota Tua sebagai satu dari 10 destinasi prioritas. Semua pemangku kepentingan pariwisata diminta untuk mengembangkan dan mempromosikan dua wisata yang menjadi kebanggaan warga Jakarta itu, tak terkecuali Putri Pariwisata DKI Jakarta 2016, Putty Erwina.

Nasib Kepulauan Seribu dan Kota Tua kini berada di pundak wanita yang gemar melukis ini. Hal itu menjadi tanggungjawab Putty setelah dirinya terpilih menjadi ikon Kepulauan Seribu dan Kota Tua. Dengan doa restu, Putty pun berharap dapat memenuhi kewajibannya untuk menjaga Kepulauan Seribu dan Kota Tua dan mempromosikannya kepada dunia.

About the Author

Related Posts

Bank Indonesia (BI)  menyadari banyaknya pertentangan terkait  biaya isi ulang uang elektronik...

Indonesia terdiri dari ribuan pulau-pulau yang tersebar, untuk itu konektivitas antar pulau...

Rendang, Sate Ayam, Nasi Goreng, Bakmi Goreng, Nasi Kuning, dan jajanan pasar lainnya disajikan...

Leave a Reply