Akhir-akhir ini sebuah pulau di Kroasia sedang menjadi pusat perhatian dunia. Salah satu pulaunya yang terletak di kepulauan Sibenik memiliki bentuk yang mirip dengan sidik jari. Pulau Baljenac namanya.

Bila dilihat dari udara, sebuah sidik jari raksasa akan nampak terlihat dari pulau berbentuk oval ini. Rupanya, sidik jari ini terbentuk dari tumpukan bebatuan kering yang disusun sebagai sebuah dinding.

Seperti kebanyakan negara Eropa bagian barat lainnya, seperti Irlandia, Inggris dan Skotlandia, pedesaan dan garis pantai di negara Kroasia diapit oleh dinding yang tersusun dari bebatuan kering. Fenomena alam ini merupakan sebuah peninggalan sejarah dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

 

Berdasarkan sejarahnya, tembok bebatuan ini awalnya dibuat sebagai pembatas antar lahan petani yang jaraknya berdekatan. Dulunya, para petani di kawasan ini bersusah payah mengangkat bebatuan ini yang kemudian ditumpuk sebagai dinding pembatas seperti dikutip dari Amusing Planet.

Dan baru-baru ini, pemerintah Kroasia telah mengajukan kepada UNESCO untuk memasukkan pulau Baljenac atau yang dieja “Bavljenac” dan tembok bebatuan sepanjang lebih dari seribu kilometer ini sebagai Situs Warisan Dunia.
Diberitakan pula, jika sudah banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini. Dan beberapa tur di Kroasia juga sudah menyediakan paket perjalanan yang akan membawa kamu berkeliling pulau ini.

 

Gunakan kamera yang bisa menangkap foto dari udara agar kamu bisa melihat bentuk sidik jari raksasa secara jelas. Tertarik berkunjung ke sini?

About the Author

Related Posts

Konsep pariwisata sebentar lagi akan mulai diperkuat untuk berbasis back to nature/kembali ke alam....

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga, oleh karena itu IHGMA dan PHRI...

Terdapat daya tarik baru di Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Di bagian akses jalan menuju...

Leave a Reply