Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak sineas Makassar mengeksplorasi budaya dan sejarah lokal lewat film. Banyak ide cerita yang dapat digali dari budaya dan sejarah Makassar. Kisah kepahlawanan hingga romantisme masa lalu.

Salah satunya kisah cinta Datu Museng dan Maipa Deapati. Di berbagai kesempatan bertemu penggiat seni, Danny selalu menyampaikan jika kisah kasih Datu Museng dan Maipa Deapati sangat layak difilmkan,

“Sangat menyentuh. Melebihi kisah Romeo dan Juliet,” kata Danny.

Ia sangat mengapresiasi sineas Makassar yang mengangkat kisah itu ke layar lebar. Menurutnya, sosok Datu Museng dan Maipa Deapati mengajarkan tentang kesetiaan, rasa cinta, dan pengorbanan. Di dalamnya juga ada nilai kepahlawanan.

Film Datu Museng dan Maipa Deapati dibintangi aktor India Saheer Sheikh. Lokasi pengambilan gambar salah satunya di Sanro Bone, Takalar. Sebelum ke Takalar, pelakon film bergenre romantis dan sejarah itu bertemu Wali Kota Danny di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Wali Kota, Minggu, 16 April 2017.

Ketua Parfi (Persatuan Artis Film Indonesia) Sulawesi Selatan, Zulkifli Gani Ottoh menyampaikan ada sebelas judul film yang mengambil setting di Makassar. Ide cerita dan pemainnya juga berasal dari Makassar.

“Ada film Ati Raja, Parakang yang akan tayang serentak 18 Mei tahun ini, Cinta atau Cindolo na Tape, Silariang, dan Uang Panaik yang sudah tayang,” ujar Zulkifli Gani Ottoh.

Film Datu Museng dan Maipa Deapati dijadwalkan rampung pada November 2017. Wali Kota Danny menyatakan kesiapan pemerintah kota mendukung penuh industri film Makassar. Danny berkomitmen mengawali kebangkitan film tanah air dari Makassar.

About the Author

Related Posts

Dalam waktu yang tak lama lagi wisata Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur bakal ada acara seru yakni...

Minggu, 17 September 2017, The First Xiao International Culture Week resmi  ditutup oleh Ketua...

Ada yang berbeda di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada hari Senin, 11 September 2017,...

Leave a Reply