20 April 2017 mendatang, Kemenpar memiliki program untuk fotografer yang berasal dari badan pemerintah yaitu Let’s Capture. Program tersebut diusung dikarenakan pentingnya fotografi sebagai alat promosi untuk memajukan pariwisata Indonesia.

“Ini semacam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi fotografer kementerian. Pesertanya nggak cuma dari Kemenpar. Fotografer professional dan tim dokumentasi kementerian dan lembaga Negara lainnya juga ikut kami undang. Jadi ada unsur kerjasama lintas sektor, dalam rangka Indonesia incorporated,’ ujar Plh Karo Komblik Kemenpar Iyung Masruroh.

Fotografer professional yang diundang adalah Arbain Rambey, Darwis Triadi, Oscar Matulloh, Adek Berry, Angga Sasongko, Jozz Fellix hingga Edy Santoso. Selain itu pihak Kementerian yang diundang berasal dari Kemenlu, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenkeu, Kemenkominfo, Kemen PUPR, Kemenhub, Kemendikbud, Kemenpora, Kemen PAN-RB, Kemenkop dan UKM, BNPB serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Kerja sama Indonesia Incorporated menjadi spirit kekuatannya. Ini sebagai bagian dari upaya mewujudkan pariwisata sebagai leading sector perekonomian nasional,” ujar Iyung.

Kemudahan teknologi sehingga memudahkan promosi pariwisata saat ini. Menurut Arief Yahya dengan program Let’s Capture menjadi ajang pembelajaran sebagi usaha untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia dengan bersinergi antara Kementerian terkait serta fotogtafer profesional.

“Dulu orang memotret, dicetak, disimpan. Sekarang orang memotret langsung share ke Instagram, Facebook dan Twitter. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi dan koordinasi tim dokumentasi Kementerian Pariwisata dengan tim dokumentasi Kementerian dan lembaga negara lainnya, serta fotografer profesional,” papar Arief.

About the Author

Related Posts

Pariwisata di Sumatera Barat tercium hingga ke Eropa. Dampaknya ada minat dari sejumlah pengusaha...

Setelah menghadiri puncak perigatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Pekanbaru, Riau, Presiden...

Kementerian Perindustrian terus berusaha menggalakkan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI)...

Leave a Reply