Menurut Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu bahwa pemerintah daerah yang berada di wilayah Teluk Tomini semakin berkomitmen untuk menjadikan teluk tersebut sebagai kawasan strategis nasional.

“Sudah dideklarasikan kerjasama antar pemerintah daerah dalam pertemuan investasi berbasis lingkungan hidup atau Green Investmens Meeting (GIM) di Gorontalo,” ujar Samsurizal di Palu, Sabtu 15 April 2017.

Kegiatan tersebut berlangsung hari Jumat 14 April 2017 dengan dihadiri oleh 17 kepala daerah sekitaran Teluk Tomini dan tiga Provinsi yang berasal dari Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Deklarasi dilakukan dan dibacakan oleh Samsurizal, terdapat enam poin seperti mendorong pelaksanaan kerja sama investasi dalam kawasan Teluk Tomini dalam bentuk forum kerjasama Teluk Tomini, penguatan green investment di kawasan Teluk Tomini, pengembangan investasi terkait beberapa sektor unggulan daerah sekitar seperti ekowisata bahari, perikanan, pertanian, transportasi.

Selain itu adalah pengembangan pelabuhan yang saling terkoneksi dan terpadu antar wilayah, berkomitmen untuk melakukan support untuk penetapan kawasan Teluk Tomini sebagai kawasan strategis nasional di bidang green investment.

Deklarasi tersebut juga disertai kegiatan simbolis seperti penanaman pohon yang diharapkan bisa menjalin kerjasama antar daerah sekitar Teluk Tomini.

Menurut Samsurizal bahwa kegiatan kerjasama antardaerah tersebut sangatlah penting untuk membentuk Teluk Tomini menjadi semakin terkenal dan mengundang investasi di wilayah tersebut. Selain itu juga untuk mendukung acara Sail Tomini agar sukses seperti tahun 2015 yang lalu.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mencetus aksi atau tindakan bagi pemerintah terkait sehingga kawasan Teluk Tomini semakin maju dan tidak ketinggalan dengan daerah wisata lainnya.

“Banyak gagasan yang telah dilahirkan sejak dulu, namun aksinya belum ada,” ujarnya.

“Sudah saatnya daerah daerah di kawasan Teluk Tomini bergerak maju, kita jangan sampai ketinggalan dengan daerah lainnya di Indonesia bagian barat,” kata Samsurizal.

About the Author

Related Posts

Digelarnya Ijen Trail Running kali ini merupakan event yang sangat menarik bagi para wisatawan...

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) punya kabar gembira bagi perkembangan pariwisata di tanah...

Gunungkidul, Yogyakarta menyimpan banyak destinasi wisata yang indah. Sebut saja ada Gunung Api...

Leave a Reply