AS Monaco kembali meraup kemenangan di leg kedua kontra Borussia Dortmund. Bermain di Stade Louis II, klub kerjaan menang 3-1, hasil yang membawa The Red And White ke semi-final dengan keunggulan agregat 6-3.

Di perjumpaan pertama, pasukan Thomas Tuchel juga dipaksa menyerah dari skuat Leonardo Jardim, 3-1. Tanda-tanda kemenangan Monaco sudah terlihat saat laga baru berusia tiga menit, gawang yang dikawal Roman Burki jebol. Adalah pemain yang tengah naik daun di Ligue 1 Prancis, Kylian Mbappe, yang mengepak gol pembuka.

Keunggulan satu bola ini membawa Monaco semakin bernafus untuk mencetak gol berikutnya. Berselang 14 menit, Radamel Falcao turut menamakan diri di papan skor setelah memaksimalkan umpan Thomas Lemar. Masing-masing tim memasuki ruang ganti, papan skor menunjukkan angka 2-0 untuk kemenangan sementara Monaco.

Seusai interval, Dortmund coba menemukan momentumnya. Kehadiran Ousmane Dembele sebagai pemain pengganti cukup memberikan pengaruh positif. Tiga menit setelah kick-off babak kedua, duta Bundesliga Jerman ini memperkecil keadaan melalui Marco Reus. Sang bintang mengoptimalkan sodoran dari Dembele.

Namun, Jardim juga tak kalah hebatnya dalam membuat keputusan di babak kedua. Di sepuluh menit terakhir, dia menarik striker mudanya, Mbappe, untuk menerjunkan sang senior, Valere Germain. Luar biasa, kurang dari semenit sejak dia menginjakkan kaki di lapangan, Germain langsung mengemas gol. Skor 3-1 ini bertahan sampai kedua bersalaman.

Rekor Kylian Mbappe

Penyerang muda AS Monaco, Kylian Mbappe kini tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mampu mencetak gol dalam empat laga pertamanya di fase gugur. Gol itu tercipta saat ia mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund, Kamis (20/4) dini hari WIB.

Ketika laga leg kedua perempat-final kontra Dortmund baru memasuki menit ketiga, Mbappe berhasil membawa Monaco unggul di kandangnya, Stade Louis II. Laga tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan tuan rumah. Tim asuhan Leonardo Jardim itu pun lolos ke empat besar, terakhir kali Monaco lolos ke semi-final terjadi pada 2004.

Pemain berusia 18 tahun itu berhasil mencetak dua gol bagi Monaco di leg pertama kontra Dortmund yang berakhir dengan skor 4-2. Mbappe juga mencetak gol di dua laga kontra Manchester City di babak 16 besar.

Mbappe juga menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Liga Champions yang berhasil mencetak lima gol di ajang tersebut. Penyerang yang telah menciptakan 12 gol di Ligue 1 Prancis itu terus menunjukkan talenta besarnya sepanjang musim ini.

Raul Gonzalez, yang pernah tiga kali menjuarai liga Champions bersama Real Madrid, berusia lebih tua 41 hari dibanding Mbappe ketika mencetak gol kelimanya di kompetisi tersebut.

About the Author

Related Posts

Prestasi memang menurun tapi urusan sponsor Klub Sepakbola Inggris Arsenal jadi bisa dibilang jadi ...

Wisata golf di Indonesia yang dipromosikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ke mancanegara...

Pantai Padang Padang Bali kembali dipilih sebagai tempat digelarnya  kompetisi selancar kelas dunia...

Leave a Reply