Barcelona gagal menciptakan keajaiban. Meski mendominasi, tim asuhan Luis Enrique itu gagal membobol gawang Juventus di laga leg kedua perempat-final Liga Champions , Kamis (20/4) dini hari WIB.

Juventus dipastikan melaju ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-0 setelah bermain imbang 0-0 di laga yang berlangsung di markas Barca, Camp Nou. Mereka bergabung dengan Real Madrid, Atletico Madrid, dan AS Monaco di empat besar Liga Champions musim ini.

Bermain di kandang dan harus mengejar ketertinggalan tiga gol membuat Barca menampilkan permainan yang agresif sejak awal laga. Mereka berusaha menguasai bola dan menggempur pertahanan Juve, namun ketatnya lini belakang tim asuhan Massimiliano Allegri berhasil meredam serangan Barca. Bianconeri bahkan mampu melakukan serangan-serangan balik yang berbahaya.

Barcelona nyaris mencetak gol ketika laga memasuki menit ke-19. Lionel Messi berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, akan tetapi sepakan kerasnya masih melebar di sisi kiri gawang Juve yang dikawal kiper veteran Gianluigi buffon.

Messi kembali mengancam pada menit ke-30. Namun kali ini tendangannya dari luar kotak penalti bisa ditepis Buffon. Juve kemudian sempat mendapatkan peluang emas untuk unggul. Namun tendangan voli Gonzalo Higuain di kotak penalti usai menerima umpan lambung Miralem Pjanic pada menit ke-38 masih bisa ditangkap kiper Barca Marc-Andre Ter-Stegen.

Tiga menit jelang berakhirnya babak pertama Barca kembali mengancam. Luis Suarez melakukan tendangan salto setelah menerima umpan Neymar akan tetapi tembakannya masih meleset. Di babak pertama kedua tim sama-sama hanya mencatatkan satu tembakan akurat. Akan tetapi Barcelona mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola mencapai 62 persen, serta melepaskan total sembilan tembakan sedangkan Juventus yang hanya empat.

 Untuk pertama kalinya sepanjang musim ini dalam ajang Liga Champions Barcelona gagal mencetak gol pada babak pertama yang berlangsung di kandang mereka. Di babak kedua situasi tidak banyak berubah, Barca terus coba menggempur namun pertahanan Juventus membuat mereka bahkan kesulitan menciptakan tembakan akurat.

Tuan rumah sempat mengancam lewat tembakan Neymar, Messi, dan Sergi Roberto, akan tetapi upaya mereka masih melebar. Barca kemudian memasukkan tambahan penyerang, Paco Alcacer masuk menggantikan Ivan Rakitic pada menit ke-58. Namun mereka tetap saja kesulitan membongkar pertahanan rapat tim tamu.

Tim asuhan Enrique total tercatat melepaskan 19 tembakan di laga ini, namun hanya satu yang akurat mengarah ke gawang lawan. Sementara Juventus yang lebih banyak bertahan justru mampu menciptakan empat tembakan akurat lewat skema serangan balik.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga laga berakhir. Barca gagal melakukan remuntada atau comeback yang fantastis seperti di babak 16 besar kontra Paris Saint-Germain. Sedangkan Juventus sukses melaju ke semi-final yang ketujuh bagi mereka di ajang Liga Champions.

About the Author

Related Posts

Ingin melihat 1000 penari membawakan tari Baris Jengkang? Atau melihat kejuaran selancar dunia dari...

Jadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018, Palembang terus bersolek. Kurang lebih 11 destinasi...

Pembalap Inggris Daniel Whitehouse berhasil menjuarai etape kedua Tour de Singkarak 2017, Minggu 19...

Leave a Reply