Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pemerintah tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur di sektor perhubungan. Hal tersebut diungkapkan di hadapan para pengusaha saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (20/4).

Menurut Budi, acara Indonesia Summit 2017 ini banyak menggali potensi investasi yang ada di Indonesia.

“Seminar ini bagus, karena satu majalah dari Inggris yang mau menggali potensi kita itu pertanda yang bagus. Karena kita juga dilirik sebagai daerah yang potensial, daerah yang bisa mereka berinvestasi. Karena itu saya antusias sekali untuk bicara kepada audiens tadi,” kata Budi usai menghadiri acara Indonesia Summit 2017.

Dia mengaku, proyek pembangunan di Indonesia tersebar di 38 provinsi dengan dana yang dibutuhkan sekitar ribuan triliun. Sedangkan pemerintah, hanya mampu memenuhi sekitar Rp 400 triliun selama 4 tahun ke depan.

Gap ini harus kita selesaikan dengan baik. Nah bagaimana kita bisa menarik investor tadi? Nah kita bicarakan banyak sekali hal-hal yang bisa dikerjakan di sini, dan banyak sekali pekerjaan yang bisa diinvestasikan,” tambahnya.

Dia mencontohkan, proyek investasi yang bisa dibiayai sektor swasta adalah proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Di mana, ada 3 investor dari Belanda, China dan Dubai yang tengah melakukan penawaran.

“Supaya dana-dana ini bisa kita gunakan untuk membangun dan memperbesar bandara dan pelabuhan itu dan akhirnya ada interest dari internasional, sehingga ada tambahan traffic dan potensial investasi ke Indonesia. Ini penting, sentimen positif ini penting untuk kita lakukan,” jelasnya.

Menurut Budi, bagi proyek-proyek skala kecil, pemerintah akan melibatkan BUMN dalam merealisasikannya, untuk bandara bisa dilakukan oleh PT Angkasa Pura I dan II. Sedangkan pelabuhan bisa dilakukan oleh PT Pelindo I-IV.

“Nah, format seperti ini nanti juga bisa dilakukan oleh sektor lain,” tukasnya.

About the Author

Related Posts

Pariwisata di Sumatera Barat tercium hingga ke Eropa. Dampaknya ada minat dari sejumlah pengusaha...

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengeluarkan tindakan tegas kepada Royale VIP Bus....

Kementerian Perindustrian terus berusaha menggalakkan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI)...

Leave a Reply