Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Richard Pence sekitar pukul 10.00 wib, Kamis, 20 April 2017, tiba di Istana Merdeka Jakarta. Kedatangan orang nomer dua di negeri Paman Sam itu disambut langsung oleh Presiden RI Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Widodo.

Pence datang ke Istana dengan mengajak istrinya Karen Pence beserta kedua putrinya, Charlotte dan Audrey. Presiden Jokowi dan Ibu Negara menyambut kedatangan keluarga Pence dengan ramah di sayap kanan Istana Merdeka.

Sebelum menaiki tangga Istana Merdeka, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara sempat berbincang-bincang dengan Wapres Pence dan keluarganya tentang kehadiran murid taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar yang mengenakan pakaian adat nasional yang beranekaragam.

Tampaknya keluarga Pence mengagumi tradisi yang dibangun Presiden Jokowi dalam penyambutan setiap kepala negara di Istana. Selain melibatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengenakan pakaian khas Nusantara, Presiden Jokowi juga mengajak murid TK dan Sekolah Dasar untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera negara sahabat pada acara penyambutan.

Ada sejumlah isu yang dibahas Jokowi dan Pence. Pembahasan dilakukan di beranda Istana Merdeka atau yang disebut dengan veranda talk.

Jokowi mengatakan, salah satu isu yang dibahas adalah mengenai komitmen Amerika Serikat untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan Indonesia. Kemitraan strategis ini akan fokus pada bidang bidang kerja sama dan investasi.

“Dan bulan depan akan ada tim yang membahas tentang pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip prinsip win-win solution,” kata Jokowi.

Kedua, lanjut Jokowi, sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.

Selain bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Pence rencananya akan mengunjungi Masjid Istiqal, dan melakukan dialog dengan pemuka lintas agama. Dari Masjid Istiqlal, Mike Pence akan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN dalam rangkaian peringatan 40 tahun hubungan AS-ASEAN.

Pada Jumat, 21 April 2017, Wapres Jusuf Kalla dan Mike Pence dijadwalkan menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, setelah membuka dan memberikan sambutan dalam Pertemuan Bisnis AS-Indonesia di Hotel Shangrila, Jakarta. Pence, tiba di Jakarta pukul 23.30 WIB Rabu malam, 19 April 2017. Pence datang menggunakan pesawat kepresiden Air Force One berwarna putih biru. Rencananya Kunjungan Pence di Indonesia akan berakhir pada jumat , 21 April 2017.

About the Author

Related Posts

Menteri Pariwisata (Menpar)  Arief Yahya mengakui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) jauh...

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya selalu menyebut keberhasilan pariwisata tidak pernah lepas...

Wisata bahari Indonesia terus dimantapkan. Infrastruktur dibangun. Regulasi pun ikut...

Leave a Reply