Optimisme Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar terkait pelaksanaan Asian Games 2018 berimplikasi mendorong peningkatan sektor pariwisata Jawa Barat. Hal ini dikarenakan adanya cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat.

“Saya kira ada dampak pariwisata , karena Ciletuh, Sukabumi akan digunakan untuk cabor surfing, BMX di Ciamis. Kepariwisataan kita harapkan ada multiple effect dari Asian Games,” Jelas Deddy Mizwar di Rakor Penyiapan Venue Asian Games di Bandung, 21 April 2017.

Harapannya agar Olympic Council of Asia (OCA) segera memberi keputusan penetapan venue yang digunakan di Jawa Barat untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 paling lambat 4 Mei 2017.

“Oleh karena itu ia berharap kita persiapkan sampai 4 Mei nanti, semua venue yang diprediksi akan dipakai, harus di assessment sehingga bisa keluar seberapa banyak biaya untuk renovasi dan termasuk untuk pembangunan sarana prasarana untuk setiap cabang olahraga.” Ujar Deddy.

Jika sampai lewat tanggal tersebut maka akan diajukan renovasi venue atau pembangunan sarana dan prasarana dalam Musrenbang Nasional di tanggal 9 Mei 2017 agar bisa mendapat anggaran dari APBN Perubahan 2017 atau APBN 2018.

“Ini ada keputusan venue yang belum ditentukan secara pasti, sebab ada perubahan yang kemarin diajukan 42 cabang olahraga menjadi 36. Tapi disetujuinya jadi 39 cabang olahraga oleh OCA. Makanya nanti menunggu surat resmi dari OCA.” Kata Deddy.

Dikatakan bahwa perubahan cabang olahraga dapat berdampak pada penggunaan venue di Jawa Barat. Namun, tetap dilakukan antisipasi sehingga pemakaian venue adalah sesuai dengan cabang olahraga nya yaitu 42 cabang.

Pada awalnya, menurut dia, untuk cabang olahraga hand ball rencananya dilaksanakan di Gymnasium UPI dan roller sport awalnya akan dilaksanakan di Stadion Patriot Bekasi. ada kemungkinan cabang olahraga BMX  dilakukan di Jawa Barat tapi masih menunggu pengumumannya.

“Namun kemudian masuk lagi BMX ke Jabar. Karena di Palembang ternyata bukan untuk BMX. Kalau di Jakarta belum siap, Ciamis bisa jadi venue BMX. Kita siapkan saja dulu. Kunjungi venue-venue untuk melihat kebutuhannya apa,” kata dia.

About the Author

Related Posts

Ada yang berbeda di Gedung Sate Bandung pada hari Minggu, 19 November 2017. Pada hari itu,  ribuan...

Prestasi manis kembali diraih Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Setelah berhasil...

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku   telah membahas realiasasi investasi di Jakarta...

Leave a Reply