Bandara Internasional Lombok ingin membuktikan dirinya sebagai Wolrd Class Airport. Itulah yang diinginkan PT Angkasa Pura (PT AP) I Sebagai operator yang mengurusi Bandara Internasional Lombok. Namun perulu biaya yang tidak sedikir untuk mensejajarkan Bandara Internasional Lombok dengan Bandara Berkelas di dunia.

General PT AP I Gusti Ngurah Ardita mengatakan dana yang dibutuhkan untuk menjadikan Lombok Internasional Airport sebagai World Class Airport sebesar Rp 3,7 triliun. Untuk mewujudkan impiannya itu Bandara Internasional Lombok terus berbenah.

“Saat ini kami terus berbenah untuk menuju World Class Airport, tentunya dibutuhkan dana yang cukup besar,” kata Ardita dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, meski dana yang dibutuhkan terbilang besar, namun dalam mengembangkan bandara kebanggan warga lombok ini, pihaknya tetap mengkedepankan skala prioritas dengan prinsi efektif dan efisien.

Skala prioritas yang dilakukan diantanyara membangun terminal atau apron. Pembangunan tersebut sesuai dengan peningkatan kebutuhan di mana Bandara Internasional Lombok semakin banyak diterbangi pesawat ukuran besar yang membawa banyak penumpang.

Ardita mengaku adanya usulan agar runway namun semua pada dalam perhitungan jika ingin mendatangkan pesawat jarak jauh dan pesawat besar.

Karena itu, sambung dia, pihaknya telah merencanakan membangun terminal dan apron dan diharapkan akhir tahun ini sudah dapat dioperasikan.

Adapun saat ini tengah dilakukan pembangunan dua parking stand baru dan ini menjadi salah satu kesiapan bandara menyambut kedatangan pesawat-pesawat dari maskapai internasional yang datang ke Lombok.

Keinginan Bandara Internasional Lombok sebagai Wolrd Class Airport tidak hanya terlihat dari pembangunan infrastruktur namun sejumlah rencana kerjasama juga dilakukan untuk mewujudkan keinginannya itu. Salah satu kerjasama itu datang dari sebuah maskapai asal Korea Selatan Jin Air. Maskapai milik Korean Air ini memilih Lombok karena salah satu daerah wisata di Indonesia itu diminati banyak warga Korea untuk berlibur.

About the Author

Related Posts

  Iklim investasi di Indonesia diprediksi bakal bersinar setelah kembali mendapat peringkat yang...

Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menunjuk pemerintah provinsi...

Gaung Sail Sabang 2017 yang dihelat 28 November hingga 5 Desember 2017 sudah mulai menggema di...

Leave a Reply