Jepara, Jawa Tengah, menjadi saksi kelahiran dari pahlawan wanita R.A Kartini. Pejuang perempuan yang akrab disebut Ibu Kita Kartini ini merupakan seorang tokoh Jawa sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia.

Di tanah kelahirannya, banyak destinasi wisata bersejarah mengenai riwayat R.A Kartini semasa hidupnya.
Sahabat Sporto yang berencana untuk berlibur di Jawa Tengah nanti, terutama mengunjungi Jepara dan Rembang, sebaiknya menyempatkan untuk mengunjungi beberapa tempat yang akan mengingatkan tentang sosok Raden Ajeng Kartini.

Selain berwisata sejarah, destinasi ini juga memiliki keindahan yang sayang jika dilewatkan.

Pantai Kartini

Pantai bersejarah ini berada di Bulu, Jepara, konon semasa kecilnya, R.A Kartini sering bermain di pantai ini. Kini, pantai ini telah sangat terkenal di kalangan para wisatawan sebagai destinasi wisata keluarga maupun edukasi.

Ada banyak sekali hal menarik yang bisa ditemui di Pantai Kartini ini, salah satunya adalah Kura-kura ocean park yang tak boleh terlewatkan. Kura-Kura Ocean park memiliki bangunan berlantai dua yang berisi beragam wahana permainan anak, lengkap dengan kolam buatan berisikan beragam keanekaragaman hayati laut.
Ikon wisata kenamaan Jepara ini berada satu kawasan dengan Pantai Kartini. Jadi berkunjung ke Kura-Kura Ocean Park akan secara otomatis membawa sahabat sporto dan keluarga ke Pantai Kartini juga.

Pendopo Jepara

Pendopo Kabupaten Jepara berlokasi di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara, Jawa Tengah. Kartini memang dibesarkan di tempat ini oleh sang ayah, yang juga menjabat sebagai Bupati Jepara pada saat itu.

Beberapa ahli sejarah menyebutkan, kalau banyak kenangan-kenangan dan buah pikiran serta ide-ide cemerlang yang bermunculan di tempat ini ketika R.A Kartini remaja.

Museum Kamar Pengabdian Kartini

Kamar ini menjadi saksi kelahiran buku bersejarah berjudul “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Berada di Jalan Gatot Subroto, Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan tempat RA Kartini menulis surat mengenai para perempuan untuk seorang sahabatnya.

Kartini pun juga melahirkan anak tunggalnya di tempat ini. Kini, kamar yang bersejarah ini dijadikan museum yang dinamai Museum Kamar Pengabdian Kartini Rembang.

Museum Kartini

Museum RA Kartini ini, terdiri dari tiga buah gedung yang sudah dibangun di atas area tanah seluas kurang lebih 5.210m2. Letaknya di Jalan Alun-alun No.1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah. Di dalam Museum yang telah didirikan sejak tanggal 30 Maret 1975 ini banyak koleksi bersejarah milik R.A Kartini.

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam koleksi-koleksi yang disajikan pada 4 ruangan berbeda di setiap gedung yang ada di Museum ini. Bahkan dalam waktu dekat Museum Kartini akan menambah puluhan koleksi baru tentang jejak Raden Ajeng Kartini.

Tambahan koleksi baru itu berupa foto-foto Kartini, keluarganya dan jejak kehidupan Kartini di Jepara. Ada 26 foto yang sedang proses pengiriman dari Belanda. Meski bukan foto asli, totalnya ada 75 foto dan dokumen. (sumber sportourism.id)

About the Author

Related Posts

Pariwisata di Sumatera Barat tercium hingga ke Eropa. Dampaknya ada minat dari sejumlah pengusaha...

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengeluarkan tindakan tegas kepada Royale VIP Bus....

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sejumlah titik panas di beberapa...

Leave a Reply