Percepatan pengembangan destinasi Borobudur semakin maju apalagi Peraturan Presiden terkait Badan Otorita Pariwisata Borobudur akhirnya sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

Persetujuan tersebut dikonfirmasi melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya disampaikan pada Kamis 20 April 2017. Menurut Arief bahwa Kementerian Pariwisata akan menangani pembangunan kawasan pariwisata integrasi di Joglosemar. Sudah diberi izin pemakaian lahan seluas 300 hektar untuk pengembangan khusus kawasan resort.

“Kami (kebagian) yang Borobudur, kalau tanahnya sudah dapat 300 hektare. Kalau mau mudah, itu membayangkan seperti Nusa Dua, itu kawasan resort khusus, tourism resort,” papar Arief.

Kawasan tersebut akan dikembangkan untuk mampu bersaing seperti Bali dan Mandalika, Kemenpar sudah mulai untuk mencari investor yang mau membangun di daerah tersebut. Untuk target dari Presiden Jokowi terhadap Kemenpar dalam pengembangan tersebut diharapkan secepatnya karena sudah dibuat dan ditandatanganinya  Perpres BOP Borobudur.

“Badan Otorita Pariwisatanya (BOP) sudah beliau tandatangani. April tanggal 11 sudah tandatangan, tanggal 12 diundangkan. Bisa dicek. Kalau itu sudah ada bisa cepat seperti Danau Toba, sudah ada Badan Otoritanya, sudah ada orang yang fokus memikirkan itu,” kata Arief.

Target Borobudur untuk wisatawan mancanegara adalah untuk bersaing dengan Kuil Angkor Wat Kamboja, kuil tersebut memiliki 2.5 Juta Wisman setiap tahun sementara Borobudur hanya 250 ribu dan 500 ribu di Jawa Tengah. Hal ini merupakan tantangan bagi Kemenpar sehingga harus dilakukan integrasi Jogjakarta, Solo dan Semarang agara daya saing untuk arus wisatawan mancanegara semakin banyak.

“Joglosemar, ikon yang kita ambil agar dia menjadi global player itu adalah Borobudur. Yang bisa dijual. Karena itu lebih tinggi daripada Angkor Wat,” ujar Arief.

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Perpres BOP Borobudur telah ditandatangani Presiden Jokowi. “Sudah ditandatangani,” jawabnya hari Jumat 21 April 2017.

About the Author

Related Posts

Siapa yang tidak ingin berwisata ke pulau. Keindahan alam dan lautnya menjadikan wisata bahari ini...

Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta Timur 2017 sudah selesai diselenggarakan di Teater Tanah...

Untuk ke-17 kalinya Europe on Screen (EOS) diselenggarakan dan pada penyelenggaraan tahun 2017 ini...

Leave a Reply