DestinationHeadline NewsTourism

1500 Wisatawan Terpana Melihat Keindahan Gunung Krakatau

Kapal  Motor Penumpang (KMP) Sebuku berlayar dari dermaga IV Pelabuhan Merak menuju gunung Krakatau, hari Minggu, 30 April 2017. Kapal ini membutuhkan waktu dua jam untuk sampai mendekati gunung Krakatau

Ada 1500 wisatawan nusantara dan Duta Besar (Dubes) Panama, Deborah Ho Ng de Cogley yang ikut dalam perjalanan tersebut,  untuk melihat lebih dekat gunung bersejarah itu. Kegiatan ini merupakan napas tilas Gunung Krakatau dalam acara Sail Krakatau 2017.

Para wisatawan terpana keindahan gunung Karakatau dan anak gunung Krakatau yang melegenda di tengah Selat Sunda. Sesampainya di perairan Gunung Krakatau, seluruh peserta naik ke atas dek kapal untuk mengabadikan keindahan saat matahari tenggelam (Sunset) dari balik gunung Krakatau menggunakan ponsel dan kamera.

Peserta pun berlomba untuk mengambil momen dengan berbagai cara, seperti selfie, foto beramai-ramai dengan rombongan, dan video dengan latar belakang gunung Krakatau.

“Bagaimana pun kita punya sejarah meletusnya gunung Krakatau tahun 1883. Karena banyak orang yang belum tahu lokasi Gunung Krakatau, tapi cuma tahu namanya saja,” kata Heri Mardiana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cilegon diatas KMP Sebuku, seperti yang dilansir sejumlah media online.

Heri menjelaskan bahwa Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera memiliki nama besar yang tak pernah lekang dalam sejarah.

Meski jumlah wisatawan menurun dari tahun 2016 yang berjumlah 1.800 orang menjadi 1.500 di tahun 2017 ini, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi dengan baik untuk menarik minat orang mengikuti Sail Krakatau 2017 yang menggunakan dana non Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Cilegon ini.

“Sosialisasi kita sudah maksimal. Antusias masyarakat juga banyak,” tegasnya.

Duta Besar Panama untuk Indonesia, Deborah Hi Ng de Cogley, menegaskan siap mendorong negaranya meningkatkan investasinya ke Indonesia. Terutama di bidang pariwisata khususnya di Provinsi Banten.

Deborah mengatakan, Banten punya potensi yang sangat luar biasa. Pasalnya di sana ada 400 destinasi wisata.

“Tentang itu, kita punya persetujuan dan MoU soal pendidikan dan koorperasi. kita negara maritim, Anda (Indonesia) juga. Banyak hal yang bisa kita cari (investasi),” kata Deborah

Perlu diketahui bahwa sejarah mencatat di tahun 1883, Gunung Krakatau meletus dengan kekuatan lebih besar dibandingkan bom atom di Hiroshima. Letusan itu telah menimbulkan Tsunami setinggi 40 meter dan menelan korban puluhan ribu nyawa.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button