DestinationTourism

Menyelami Keindahan Laut Tulamben

tulamben

Kalau membicarakan tentang tempat wisata di Indonesia mungki agak panjang ya, karena banyak sekali yang bisa dijadikan tempat untuk liburan baik bersama keluarga, teman maupun pasangan anda. Wisata bahari menjadi salah satu daya tarik bagi turis untuk datang ke tempat kita hal, toh tanpa di puungkiri lagi kalau negara ini memiliki banyak tempat yang biasanyan digunakan untuk menyelam seperti yang terkenal itu Raja Ampat. Nah sekarang kita akan melihat tempat yang menyenangkan untuk menyelam juga selain Raja Ampat. Salah satu objek wisata yang terkenal dengan site diving terbaik, tempat lokasi Karang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) di Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem membuatnya jadi tempat menyelam terfavorit, namanya bisa disejajarkan dengan Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan Bunaken, Sulawesi Utara.

Menjadi salah satu tempat diunggulkan dengan keindahan bawah lautnya, maka disini juga sudah tersedia insfratuktur mendukung di industri pariwisata baik itu hotel, restaurant, beragam pusat informasi menyelam serta layanan tour. Terletak sekitar 100km dari dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil ke arah bagian Timur pulau Dewata. Tempat ini memang merupakan salah satu site diving terbaik di kepulauan Indonesia, wisatawan eropah biasanya paling gemar dengan rekreasi ini, tidak mengherankan banyak wisatawan asing dari Prancis, Swiss, Spanyol, German, Belanda. Mmereka menghabiskan hari-harinya di Tulamben untuk melihat keragaman biota bawah laut.

Berwisata di Tulamben menyaksikan panorama bawah laut seperti eksotisme ikan-ikan berenang di depan mata, warna-warni terumbu karang, tentu saja menjadi pemandangan langka serta menarik untuk dilihat. Tujuan untuk wisata di Bali , terutama untuk rekreasi underwater diving tujuan utamanya adalah bangkai kapal (wreck point). Kita tinggal berenang lebih ke tengah, sambil mengamati baik-baik ke bawah permukaan air. Kita akan bisa melihat buritan kapal tenggelam akibat ditembak terpedo milik Jepang pada perang dunia I tersebut. Bagian paling atas kapal ini hanya sedalam tiga meter dari permukaan. Kedalaman di tempat ini maksmimal 30 meter. Tahun 1962 saat letusan gunung Agung, bangkai kapal ini ikut terseret dari bibir pantai dan tenggelam seluruhnya dengan kemiringan 45 derajat di dasar laut.

Kini bangkai kapal ini telah menjadi terumbu karang yang menjadi rumah begitu banyak jenis ikan, mulai dari Jack fish, Napoleon Wrasse dan juga kawanan Bumhead Parrot fish. Berwisata di pantai Tulamben juga memberikan anda pemandangan dinding karang yang sangat indah pada kedalaman 18 hingga 30 meter bawah laut. Para penyelam asing menyebutnya sebagai fantasy wall karena beragamnya jenis terumbu karang yang bisa ditemukan. Jika malam hari, menyelamlah tanpa menggunakan senter. Niscaya hamparan indah yang kemerlip di bawah laut akan membuat anda terkagum-kagum. Ada gelembung-gelembung hijau berpendar dari ikan-ikan terumbu karang yang memang mengeluarkan cahaya di malam hari.

Wisata di Tulamben selain pelancong dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling maupun diving, anda dapat hanya bersantai dipinggir pantai meninkmayi keindahan alam laut, menyaksikan aktifitas para nelayan, atau sewa perahu motor melakukan aktifitas memancing.Menjelajahi Tulamben, terutama jika anda pecinta wisata bahari, akan menjadi hari-hari yang menyenangkan. Wilayah pantai ini memiliki dasar yang berpasir hitam, umumnya hanya untuk melakukan muck diving. Tapi disinilah justru keunikannya, karena diantara pasir yang hitam, anda bisa melihat koral serta beragam jenis ikan. Sebut saja Nudi Branch, Leaf fish, Pink Crab, Ghost Pipefish, Frogfish dan mereka berkejaran menghibur anda ketika menyelam dan menikmati keindahan bawah laut di Tulamben.

Jika memang anda hobby diving ataupun menyelam objek wisata Tulamben ini akan sangat sayang untuk lewatkan, tempat terdekat lainya yang juga bagus untuk diving serta dengan keindahan matahari terbitnya adalah pantai Amed. Anda bisa juga sewa kapal nelayan untuk keperluan rekreasi memancing. Sebagai daerah wisata yang menjadi tempat liburan ataupun target kunjungan saat tour, maka kawasan Tulamben ini juga sudah tersedia insfratuktur serta fasilitas pendukung industri pariwisata baik itu hotel, restaurant, beragam pusat informasi menyelam, layanan sewa mobil di Bali dan layanan tour. Jika anda punya waktu lebih banyak menginaplah disini, karena keindahannya bukan hanya bawah lautnya saja. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close