Tim Nasional (Timnas ) Indonesia semakin diperkuat pemain naturalisasi. Kini  yang resmi menjadi warga negara Indonesia adalah Pemain keturunan Belanda-Indonesia, Ezra Walian. Erza  mengambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kemenkumham, Cawang, Jakarta, Kamis, 18 mei 2017.

Ezra Walian menjadi pemain naturalisasi ke-11 di era sepakbola modern Indonesia. Naturalisasi pemain keturunan Indonesia itu demi kepentingan Tim Nasional.

Ezra Walian yang kini berusia 19 tahun ini sebenarnya sudah resmi sebagai WNI pada 20 Maret lalu. Pada tanggal itu surat keabsahannya keluar. Ia pun bisa langsung membela Timnas di laga uji coba FIFA Match Day melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, 21 Maret lalu.

Sebelum pengambilan sumpah sebagai WNI, wajah Ezra sempat tegang. Dia pun mengaku sudah mempersiapkan diri menghafalkan lagu Indonesia Raya.

Ezra sempat kesulitan mengulang sumpah yang dibacakan. Tapi dia akhirnya sukses mengucapkan sumpah WNI tersebut dengan bahasa yang terbata-bata. Dia juga membuktikan bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan lancar.

Pembacaan sumpah siang tadi dipimpin oleh Ketua Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Endang Sudirman. Ezra mengambil sumpah bersama dengan ayahnya, Glenn Arthur Walian yang kini juag resmi menjadi WNI.

Erza Walian tidak berhenti tersenyum setelah mengucap sumpah. Mimik lega terpancar di mukanya.

“Sekarang saya sudah resmi jadi orang Indonesia,” katanya dengan bangga.

 

 

Ezra mengaku keinginan menjadi WNI murni dari dirinya sendiri. Sebagai keturunan Indonesia, dia berkeinginan bisa membela Tim Garuda di kancah internasional sebagaimana para pendahulunya. Ia bertekad memberikan yang terbaik jika dipanggail Timnas.

Pertandingannya bersama Timnas pada pertandingan uji coba lalu begitu membekas. Ezra Walian merasa sudah cocok dengan para pemain lainnya. Meski bergabung pertama kali, ia merasa sangat diterima dengan baik.

“Target saya adalah bisa memberikan Indonesia gelar juara dan saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu skuad untuk mencapai tujuan. Para pemain yang ada di Timnas merupakan pemain berbakat dan bagus. Jadi sangat berkesan kemarin,” katanya.

Saat ini Ezra Walian menjadi salah satu pemain yang masuk dalam proyeksi pemain Timnas SEA Games 2017 besutan Luis Milla. Dia pun mengaku siap kapanpun dibutuhkan oleh Indonesia.

“Selama tidak ada jadwal yang bebenturan dengan klub. Saya siap untuk datang membela Indonesia,” ucapnya.

Setelah ini dia akan bergabung dengan Timnas U-22 di Bali untuk menjalani pemusatan latihan (TC) mulai Senin, 22 Mei 2017

 

 

About the Author

Related Posts

Francesco Totti boleh saja telah melepas tahtanya sebagai kaisar Roma. Tapi dia tetap dianggap...

Meski perhelatan Asian Games yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang digelar tahun depan namun...

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan...

Leave a Reply