Indonesia kali ini melakukan kerjasama di sektor pariwisata dengan Arzebaijan. Sesama negara yang mayoritas penduduknya muslim ini saling bekerjasama dalam hal wisata halal. Kerjasama ini bermula sejak Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan yaitu Dr Husnan Bey Fananie menggelar Business Meeting dengan beberapa pengusaha tour and travel Azerbaijan di Baku beberapa waktu yang lalu.

“Pengembangan kerjasama di sektor pariwisata ini sudah lama kami rintis. Ini adalah Bussines Meeting yang kedua kalinya setelah meeting besar antar pengusaha travel Azerbaijan dan Indonesia pada September lalu di Baku,” kata Husnan.

Hasil dari Meeting tersebut adalah ditindaklanjuti oleh pihak Baku Tours yang berasal dari Azerbaijan dengan melakukan kunjungan ke Indonesia sehingga bisa mengkonkritkan kerjasama pariwisata kedua negara.

Founder Baku Tours LLC yaitu Tural Muzaffarov dan Emin Aliyev menjadi perwakilan ke Jakarta pada 8-12 Mei 2017 dan diterima oleh Dirut PT AHSANTA dan Dewan Kehormatan MPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji & Umroh Indonesia)  Budi Firmansyah.

Kedua pengusaha tersebut melakukan pertemuan dalam pembahasan pengembangan kerjasama wisata religi dan halal antar kedua negara. Selain itu mereka jga mengunjungi taman rekreasi di Jakarta yaitu Taman Safari Indonesia, TMII, dan Taman Impian Jaya Ancol.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Dubes Husnan Bey yang sangat membantu kami. Kami sangat puas dengan kunjungan di Jakarta dan akan mempromosikan Indonesia di Azerbaijan dan negara kawasan Kaukasus,” tukas Tural Muzaffarov.

Nantinya diharapkan bisa mendatangkan turis ke kedua belah pihak negara. Pihak AMPHURI juga akan membuat paket umrah dengan disertai destinasi wisata religi ke Azerbaijan.

“Ini peluang yang sangat bagus, sebab Azerbaijan dekat dengan Saudi Arabia dan juga dekat dengan Turki. Selain itu ada banyak peninggalan sejarah Islam di Azerbaijan yang bisa dinikmati wisatawan Indonesia,” kata Budi Firmansyah.

 

About the Author

Related Posts

Wisata bahari Indonesia terus dimantapkan. Infrastruktur dibangun. Regulasi pun ikut...

Fasilitas dan layanan di Bandar Udara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, semakin berkelas dunia....

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengingatkan agar para pembuat kebijakan dan pemangku...

Leave a Reply