Angkutan laut dan udara di Lombok  dalam waktu dekat ini, akan disibukan dengan pelayanan arus mudik Lebaran. Bukan hanya mudik, namun Lombok  sebagai destinasi wisata, juga akan disibukan dengan kedatangan para wisatawan baik mancanegara (wisman)  maupun nusantara (wisnus). Apalagi momennya jatuh pada saat libur lebaran. Dari tahun ke tahun Lombok tak pernah sepi dari wisatawan yang ingin menghabiskan libur lebaran.

Persiapan pun dilakukan oleh seluruh angkutan massa di Lombok agar pelayanan mudik dapat maksimal. Persiapan itu salah satunya dilakukan oleh PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar, Lombok Barat.  Selain menyambut para pemudik, PT ASDP Cabang Lembar juga  bersiap untuk melayani kunjungan wisman dan wisnus.  Untuk arus mudik Lebaran tahun ini, di ASDP Cabang Lembar Lombok Barat sudah menyiapkan 33 kapal angkutan penyeberangan yang siap beroperasi.

Kepala ASDP Lembar, Anton Mudianto mengatakan  ke 33 kapal ini disiapkan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang. Tidak hanya menambah ketersediaan kapal, namun PT ASDP Lembar juga akan mempermudah  dan mempercepat proses pengangkutan dengan mengoperasikan tiga dermaga dengan sistem shift. Sementara, proses perbaikan infrastruktur pelabuhan lainnya terus dilakukan seperti fasilitas rolling door bagi kendaraan bermotor agar tidak terkena hujan.

Selain transportasi laut, transportasi udara di Lombok juga mulai menyiapkan segalanya untuk menyambut arus mudik. Maskapai Garuda Indonesia misalnya yang telah  menyiapkan 45 ribu kursi untuk periode Lebaran 2017. Kursi tersebut disediakan dari H-7 sampai H+7 Lebaran.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menyebut, pihaknya untuk mondar mandir ke Lombok, Garuda telah menyiapkan dua jenis pesawat  yakni pesawat berbadan sempit (narrow body) untuk 35 ribu kursi dan pesawat berbadan lebar (wide body), yang menyiapkan 12 ribu kursi. Garuda Indonesia juga telah menyiapkan pesawat cadangan.

“Kita siapkan 45 ribu seat, 35 ribu seat untuk narrow body armada Boeing 737 dan 12 ribu wide body untuk A330. Itu kami perlukan ketika lonjakan penumpang kalau A330 langsung tersapu bersih,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan mudik Lebaran tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. “Transportasi laut dan udara juga harus memberikan pelayanan yang spesial untuk momen pulang kampung dan bersilaturahmi dengan sanak saudara serta kerabat,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar juga menyambut baik para pemudik yang ingin berwisata mengingat waktu  libur lebaran cukup panjang. Demi menunjang kenyamanan pemudik untuk berwisata, Kemenpar memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan berbagai tujuan wisata di daerah dan juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Lombok diprediksi akan mengalami lonjakan saat Lebaran. Sebab, selain merupakan tujuan mudik, Lombok juga akan dikunjungi ribuan wisatawan.

Salah satu yang akan ramai dikunjungi adalah daerah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai 10 Destinasi Prioritas, yaitu Mandalika, yang berada di NTB. Di Mandalika wisatawan juga dapat menuju Pantai Kuta Lombok yang merupakan pantai terindah di kawasan Mandalika.

Pantai indah berpasir putih nan indah ini terletak di sebuah desa yang bernama Desa Kuta. Selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, di desa ini juga dalam setahun sekali diadakan Festival Bau Nyale.

Selain itu, banyak tempat tempat wisata menarik yang ditawarkan saat momen libur Idul Fitri.Ada tiga gili yang sudah mendunia, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, juga ada Taman Narmada yang terkenal dengan air awet mudanya, Pantai Elaq-Elaq Sekotong yang berpasir putih, Taman Loang Baloq,  Pantai Tanjung Aan yang terkenal dengan pasir mericanya, Air Terjun Sendang Gile, dan Lombok Elephant Park.

Tiga besar pembangunan atraksi di Lombok yang sudah dirancang adalah Moslem Friendly Beach (Kawasan Senggigi yang pantainya milik Pemprov NTB), Kota Tua Ampenan untuk dibangun seperti konsep Bukit Bintang Kuala Lumpur, serta Lighting System di Masjid Islamic Center.

About the Author

Related Posts

Luar biasa, prestasi yang diraih dua bandara PT Angkasa Pura  I ( Persero) yakni Bandara  I Gusti...

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  akan membangun jembatan yang menghubungkan...

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di...

Leave a Reply