Pesona wisata di Nusa Tenggara Barat yang terkenal sebagai Pulau 1000 Masjid akan semakin terkenal. Merupakan destinasi yang terkenal akan wisata halalnya tersebut ternyata identik dengan wisata family friendly, kali ini Lombok memiliki Elephant Park. Di Elephant Park para wisatawan bisa menikmati sejenak lingkungan asri dan menyejukkan. Teruntuk wisatawan yang bosan berada di tengah gedung-gedung tinggi dan suasana perkotaan yang penuh polusi, ini bisa jadi tempat sangat pas untuk melepas penat.

Apalagi libur lebaran sebentar lagi akan tiba, jika melakukan perjalanan di Lombok, cobalah untuk mengunjungi Lombok Elephant Park. Destinasi tersebt dibuka sejak 1 Maret 2017 ini sangat oke untuk dijadikan destinasi liburan keluarga.

“Nama Lombok Elephant Park dipilih agar lebih fokus dalam menjaga keberlangsungan satwa. Konsepnya mulai dari sederhana dulu dengan beberapa satwa. Prioritasnya gajah,” ujar Presiden Direktur Lombok Elephant Park Ketut Suadika.

Destinasinya dilengkapi berbagai fasilitas penunjang dengan keindahan alam yang tiada taranya akan memanjakan mata para pengunjung. Spot-spot yang dimilikinya juga sangat ‘instagrammable’. Nantinya para wisatawan bisa mendapatkan suasana yang relaks dan bebas dari stres.

Berdiri di lahan seluas empat hektare dan terdapat empat ekor gajah yang didatangkan langsung dari Way Kambas Lampung. Selain itu, terdapat jenis fauna lain yang mengisi taman rekreasi tersebut seperti jenis primata orang utan, bekantan, dan siamang. Lalu ada buaya, kuda nil, dan beruang madu.

Terdapat pula 33 jenis burung yang dibiarkan lepas tanpa diikat di sejumlah pohon. Burung tersebut sangat jinak dan mengundang ketertarikan pengunjung karena keaktifannya. dan terlihat lucu.

“Untuk jenis burung sekarang kita ada rangkong, kakatua raja, merak, burung hantu, kakak tua jambul kuning, dan nuri,” jelas Suadika.

Pengunjung juga bisa berkeliling taman menaiki gajah, pengelola sudah menyiapkan atraksi tersebut dengan membuat jalur khusus yang diperuntukan bagi pengunjung yang menaiki gajah. Untuk pengunjung yang memilih berjalan kaki juga disiapkan jalur sendiri dan seorang pendamping yang akan menjelaskan hewan-hewan yang ada. lokasi taman rekreasi tersebut dari Kota Mataram hanya berjarak 25 km.

Lokasinya dapat ditempuh melalui jalur Mataram – Gunungsari – Pusuk – Pemenang – Sigar Penjalin – Lombok Elephant Park. Selain itu, destinasinya juga bisa diakses melalui jalur dari Mataram – Senggigi – Pemenang – Sigar Penjalin – Lombok Elephant Park.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hiramsyah S. Thaib mengatakan bahwa dengan adanya wisata buatan ini akan memperkuat citra pariwisata Lombok Nusa Tenggara Barat. Ini akan mendorong Pamor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang sedang disiapkan menjadi “10 Bali Baru” semakin meningkat.

“Ini memberi warna baru bagi pariwisata di Lombok. Selain Sembalun, Mandalika dan tiga Gili, Lombok Elephant Park bisa menjadi referensi baru untuk leisure bersama keluarga,” ujar Hiramsyah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga sependapat, dengan mempromosikan Lombok di Nusa Tenggara Barat sebagai contoh adalah menjadi destinasi wisata liburan lebaran yang pas untuk keluarga. Apalagi, kelengkapan Lombok dari banyak hal seperti alam, bahari, maupun kuliner.

“Lombok di Nusa Tenggara Barat itu sudah world class. Juara dunia World Halal Tourism Award 2015 dan 2016, memiliki atraksi yabng hebat-hebat, culture dan kulinernya pun sangat oke. Ini sudah menjadi modal yang kuat untuk memajukan pariwisata,” papar Arief.

About the Author

Related Posts

Terdapat daya tarik baru di Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Di bagian akses jalan menuju...

Untuk memuaskan pelanggannya, Operator internet Biznet akan menawarkan layanan untuk sektor...

Lebaran semakin dekat dan sebagian orang memanfaatkan momentum lebaran untuk mudik ke kampung...

Leave a Reply