Program mudik gratis Kementerian BUMN dan PT Jasa Raharja resmi dimulai pada hari Senin, 19 Juni 2017. Tercatat ada 118.220 pemudik yang menjadi peserta mudik gratis ini. Kali ini program mudik gratis mengambil tema  “Mudik Bareng Guyub Rukun 2017”.

Menteri Rini Sumarno didampingi oleh Dirut Jasa Raharja, Budi Setyarso, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Dirjen Hubdar Puji Hartanto Iskandar, beserta jajaran pejabat lainnya melakukan pelepasan dengan memukul bedug sebagai tanda mulainya mudik bareng yang diselenggarakan BUMN.

118.220 pemudik ke 84 tujuan di seluruh Indonesia dengan  menggunakan tiga moda yakni darat, laut dan udara. Untuk darat para pemudik akan diangkut dengan 1.920 unit bus dan kereta api. Sedangkan untuk laut, Pt Pelni siap memberangkatkan para peserta mudik gratis ini. Kemudian untuk udara para pemudik akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat terbang.

Mudik Bareng Guyub Rukun ini terlaksana dengan melibatkan 28 BUMN. Atas raihan tersebut, dalam mudik bareng tahun ini, menurut Rini terjadi peningkatan penumpang sebanyak 29 persen.

“Jadi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Direktur Utama BUMN yang turut serta sehingga bisa sukseskan Mudik Bareng Guyub Rukun dan bisa berjalan dengan lancar,” ujar Rini.

Selain itu, Rini juga mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait seperti Badan Ekonomi Kreatif dan juga kepada Kementerian Perhubungan yang telah berpartisipasi dalam Mudik Bareng ini. Untuk hari in I ada 471 bus yang diberangkatkan dan unit bus lainnya akan diberangkatkan secara bertahap hingga H-1.

“Terimakasih juga khususnya kepada Pak Dirjen Hubdar, dalan acara ini, ada 471 bus, dan semuanya sudah aman karena sudah dilakukan Ramp Chek, semoga perjalan lebih aman dan selamat sampai tujuan.

Acara mudik gratis ini berhasil tercatat dalam buku rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Rekor Dunia. Tak tanggung-tanggung, acara mudik bareng tersebut menyabet dua rekor sekaligus.

Rekor pertama yakni diberikan kepada Kementerian BUMN RI  dengan rekor Mudik Gratis Menggunakan Moda Transportasi dan Peserta Terbanyak. Sementara Rekor kedua diberikan kepada PT Jasa Raharja dengan catatan Rekor BUMN yang melaksanakan Mudik Gratis Terlama dan Berkesinambungan.

Piagam Rekor Muri tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana. Untuk piagam rekor pertama secara langsung diterima oleh Menteri BUMN Rini Sumarno dan untuk piagam rekor kedua diterima oleh Dirut PT Jasa Raharja Budi Setyarso.

 

 

 

About the Author

Related Posts

Untuk memuaskan pelanggannya, Operator internet Biznet akan menawarkan layanan untuk sektor...

Lebaran semakin dekat dan sebagian orang memanfaatkan momentum lebaran untuk mudik ke kampung...

Belakangan ini masyarakat dihebokan dengan munculnya berbagai kasus perkusi. Perkusi adalah...

Leave a Reply