Para surfer berkelas nasional maupun internasional akan berkumpul di Pantai Watu Karung Pacitan, Jawa Timur. Mereka akan unjuk kebolehan dalam kejuaraan  surfer berjudul “Hello Pacitan Pro 2017” pada tanggal 16 hingga 20 Agustus 2017. Para wisatawan yang hadir pada tanggal itu dijamin akan melotot melihat aksi-aksi keren para surfer dunia.

Kepala Dinaa Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan Wasi Prayitno mengatakan event ini merupakan bagian dari kompetisi surfer bergensi di dunia. “Kejuaraan ini merupaka  bagian dari tur Asia Surfing Championships (ASC) Men’s QS1000 akan menampilkan beberapa surfer Qualifying Series,” kata Wasi, Kamis, 10 Agustus 2017.

Pantai Watu Karung dipilih karena ombaknya yang besar, tinggi dan menggulung panjang hingga radius satu kilometer (km). Denga  kondisi ombak yang super dahsyat itu diyakini bakal menggoda para surfer dunia untuk tampil. Apalagi, para surfer Eropa dan Australia kerap menjuluki destinasi surfing ini sebagai ‘The Next Bali in Pacitan’. Nama-nama beken seperti Rizal Tanjung, Marlon Gerber, Pepen Hendrik, Kelly Slater dan Rio Waida, langsung antre berkompetisi di Pacitan.


“Semua akan berkompetisi di grade 2 divisi laki-laki dan grade 1 divisi perempuan. Mereka berlomba memenangkan kejuaraan untuk dapat mengantongi poin 1,000 untuk tambahan WSL QS Ranking mereka,” kata dia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, mengapresiasi ajang sport tourism ini. Menurut Menpar rating  olahrga mengandalkan papan selancar ini terus meningkat “Dari data Repucom tahun 2014, surfing berada di posisi pertama. 

Setelah itu balap mobil Nascar, MLB, kompetisi bola basket NBA dan kompetisi football NFL yang memiliki penonton paling loyal. Sehingga bisa dipastikan para surfer mancanegara itu nantinya akan membawa penonton untuk ke Indonesia,” kata Menpar.

Jurusnya pun sudah disiapkan. Mulai tahun depan, Kemenpar akan mendorong sepuluh kompetisi surfing di sepuluh destinasi surfing di Indonesia.  “Koordinasi terus kami lakukan bersama World Surf Leauge (WSL), Regional Manager Asia (WSL) dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI). Tingkat Regional akan digelar di 10 destinasi surfing yang ada di Indonesia. Dan puncaknya kita berharap bisa menyelenggarakan Kompetisi Selancar Tingkat Dunia  tahun 2019 di Mentawai-Sumatra Barat,” ujar Menpar Arief Yahya.

Khusus Hello Pacitan, panitia setempat juga akan menggelar Pacitan Geopark Fair. Semua produk-produk unggulan, kuliner tradisional, serta seni dan budaya lokal dan juga  lomba lari merdeka, akan ditampilkan. Dan setelah itu, pada 6 Oktober akan ada Focus Group Disscusion  di Pantai Watu Karung, Pacitan, Jawa Timur. 

Sepuluh Bupati yang akan menjadi tuan rumah kompetisi regional 2018 asal Kepulauan Mentawai, Pesisir Barat, Nias Selatan, Pacitan, Batu Karas, Canggu-Bali, Keramas-Bali, Maluk, Dompu, dan Rote, dipastikan ikut FGD ini. “Jadi, kejuaraan surfing di Pacitan ini entry point-nya. Kita akan dorong spot surfing di Indonesia semakin mendunia ,” kata dia
 

About the Author

Related Posts

Luar biasa, prestasi yang diraih dua bandara PT Angkasa Pura  I ( Persero) yakni Bandara  I Gusti...

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  akan membangun jembatan yang menghubungkan...

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di...

Leave a Reply