Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 akan lebih menarik dan berbeda. Itu karena tahun ini Pemerintah melibatkan masyarakat dalam berbagai acara kenegaraan dengan kegiatan yang digelar selama sebulan penuh.

Serangkaian kegiatan HUT RI tersebut diharapkan akan membangkitkan partisipasi masyarakat terlibat dalam kegiatan yang bernuansa kebangsaan sekaligus membangkitkan kebersamaan serta kebanggaan rakyat Indonesia sebagai bangsa yang besar. Selain itu, juga sebagai wujud perhatian Pemerintah menghidupkan kembali rasa nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat dan di berbagai daerah.

Berawal pada 1 Agustus 2017, Pemerintah akan menggelar pameran seni rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan bertajuk ” Senandung Ibu Pertiwi” di Galeri Nasional Pameran kali ini akan menampilkan lebih banyak koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia dan beragam kegiatan lainnya.

Pada malam harinya, zikir kebangsaan akan digelar di halaman Istana Merdeka, sebagai rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah mencapai usia 72 tahun. Sejumlah ulama dan para santri dari berbagai pondok pesantren akan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut disambung berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan.

Jangan lewatkan pula pentas seni di Museum Fatahillah dan Kota Tua yang akan digelar pada 5, 12, 19, dan 26 Agustus 2017. Acara serupa ditambah lomba antarkomunitas di Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta. Acara ini juga akan dilakukan di kota besar lain di Indonesia.

Ada juga Peringatan Hari kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 juga menjadi bagian dari bulan Kemerdekaan dengan mengusung tema ” Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan” yang akan dilaksanakan di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan pada 10 Agustus 2017.

Kemudian akan ada kick off Pembinaan Ideologi Pancasila di Istana Bogor pada 11 Agustus 2017. Acara ini merupakan inisiatif dari Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

Sedangkan peringatan Hari Pramuka serta penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan akan diselenggarakan secara berturut-turut pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2017. Kegiatan dilanjutkan peresmian Renovasi Air Mancur Monas pada 14 Agustus 2017. Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Cibubur juga dilaksanakan pada 14 Agustus 2017.

Pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan pesan melalui media sosial. Caranya dengan membuat video yang sangat sederhana dan mereka berkumpul serta membawa bendera dengan jumlah yang banyak sambil meneriakkan slogan peringatan kemerdekaan yang ke-72.

Ada pula 3 acara beruntun digelar pada 15 Agustus 2017. Hari Belanja Diskon Indonesia atau Happy Birthday Indonesia (HBD Indonesia) di Gambir Expo-JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Penganugerahan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan di Istana Negara. Terakhir, Pengukuhan Paskibraka Indonesia di Istana Negara.

Puncak perayaan tentu pada Upacara Pengibaran Bendera Pusaka di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus. Upacara ini akan dikemas dengan khidmat dan gembira. Keesokan harinya, 18 Agustus, diselenggarakan Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV. Siang harinya ada ramah tamah dengan Paskibraka dan Teladan Nasional.

Malam harinya, puncak penghitungan mundur penyelenggaraan Asian Games 2018 dilaksanakan. Berbagai acara sudah disiapkan termasuk penampilan dari artis asal Korea Selatan, yakni Girls Generation atau SNSD.

Peringatan kemerdekaan tahun ini bertepatan dengan satu tahun menjelang perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia. Momen tersebut dimanfaatkan pemerintah untuk menggelar sebuah pertunjukan yang luar biasa untuk memperingati countdown Asian Games 2018. Sejumlah artis dari Asia dinyatakan akan turut memeriahkan acara tersebut.

Festival Prestasi Indonesia: Keteladanan dan Capaian akan menjadi acara unggulan pada 21 Agustus 2017. Acara ini diselenggarakan di JCC, Senayan, Jakarta. Dan dilanjutkan Pentas Seni Festival Prestasi Indonesia keesokan harinya. Acara tidak hanya dilaksanakan di Jakarta.

Acara yang tak kalah seru juga digelar di Bandung, Jawa Barat. Acara ini bertajuk Karnaval Kemerdekaan yang digelar pada 26 Agustus 2017. Karnaval tersebut menjadi rangkaian penutup peringatan kemerdekaan dengan melibatkan seluruh pekerja seni di Tanah Air.

Seluruh rangkaian acara bulan kemerdekaan akan ditutup dengan pertandingan Futsal antara MU Legend melawan tim Presiden dan Menteri Kabiner Kerja. (Sumber Kemenpar)

About the Author

Related Posts

38 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 kembali mendapat koleksi ilmu tentang pariwisata melalui...

Presiden Jokowi menyaimpaikan pidato pada sidang Tahunan MPR-RI tahun 2017 di Gedung MPR-DPR...

Mahkota Putri Pariwisata Indonesia 2017 mulai diintai 38 putri cantik dan cerdas dari seluruh...

Leave a Reply