Kereta Kencana Ki Jaga Rasa kembali digunakan oleh pihak istana sebagai pembawa bendera pusaka dari Monas menuju Istana Merdeka, pada upacara peringatan HUT RI ke-72 di Istana Merdeka, Jakarta  pada hari Kamis, 17 Agustus 2017. Kereta milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta ini resmi dilepas menuju istana dari teras Gedung Negara di kompleks Pendopo Pemkab Purwakarta, Kamis, 10 Agustus 2017. Pelepasan dilakukan dengan upacara adat Sunda.

Kereta ini meluncur di sepanjang karpet merah yang terhampar dari Gedung Negara menuju Jalan Gandanegara, tempat truk milik Armed 9 Purwakarta terparkir. Kereta ini dibawa ke truk dengan diiringi tari-tarian.

Tak hanya tari-tarian, sejumlah atlet angka besi dilibatkan guna mendorong laju kereta dan juga sejumlah prajurit dari Yon Armed 9 Purwakarta dikerahkan untuk mengawal kereta. Kereta diangkut menggunakan truk dan dikawal mobil Pomdam III Siliwangi menuju Gerbang Tol Cikarang Utama.

“Dari GT Cikarang Utama nanti dijemput Paspampres untuk dikawal ke Istana Negara,” ujar Dadan.

Dadan mengatakan pihaknya mewakili warga Purwakarta turut berbangga karena kereta itu untuk kedua kali digunakan untuk membawa bendera pusaka.

“Kami sebagai warga Purwakarta turut berbangga kembali dipercaya kirim kereta Ki Jaga Rasa yang membawa simbol-simbol ke-Sundaan seperti replika Mahkota Binokasih dan empat replika senjata Kujang,” ujar Dadan.

Sementara itu, Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar menambahkan, sudah dua tahun berturut-turut kereta Ki Jaga Raksa ini dipinjam oleh negara. Kereta ini, akan berada di istana Merdeka selama sepekan.

“Setelah upacara kemerdekaan, Ki Jaga Raksa akan kembali pulang ke Purwakarta,” ujar dia.‎

About the Author

Related Posts

Luar biasa, prestasi yang diraih dua bandara PT Angkasa Pura  I ( Persero) yakni Bandara  I Gusti...

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  akan membangun jembatan yang menghubungkan...

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di...

Leave a Reply