Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono terus berkomitmen memperhatikan sektor pariwisata di DIY. Kali ini Sultan menaruh perhatiannya  kepada bandara baru di Kabupaten Kulon Progo.

Sultan mengatakan bandara yang ditargetkan mulai beroperasi 2019 itu bakal membutuhkan infrastruktur  jalan menuju objek wisata. Kehadiran infrastruktur ini nantinya dapat menggairahkan kunjungan wisatwan mancanegara (wisman) atau wisatawan nusantara (wisnus) melalui bandara Kulon Progo.

Menurut  pembangunan infrastuktur itu masuk ke dalam program percepatan pengembangan objek wisata di DIY. Namun Sultan tidak dapat membeberkan apa saja yang bisa dipublikasikan kepada publik.

“Programnya ada yang bisa dipublikasikan dan rahasia. Yang dapat dipublikasikan seperti pembangunan infrastruktur,” kata Sultan di Kulon Progo, Kamis, 12 Oktober 2017.

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur ini, tidak hanya menjadi beban pemerintah Provinsi DIY, tapi juga pemerintah pusat, dalam hal ini kementerian teknis, seperti Kementerian PUPR. “Pembangunan infrastrukturnya dibebankan APBN, maka yang mengerjakan departemen,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kulon Progo, Hamam Cahyadi, meminta Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo membuat rencana detail teknis infrastruktur jalan menuju objek wisata, kemudian diserahkan ke bupati supaya memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman mengajukannya ke dewan dan membangunnya.

“Dinas pariwisata harus kerja cepat, buat program percepatan yang bisa dikerjakan dengan cepat, tapi tetap memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.
Hamam perintahkan Dispar harus menyusun rencana detail teknis objek wisata dengan menempatkan lokasi untuk kuliner. Menurutnya hingga kini, toko dan kuliner yang dibangun masyarakat masih berantakan.

“Kenapa Dispar Kulon Progo ini tidak mau berbenah diri, apalagi menghadapi bandara membutuhkan revolusi sektor pariwisata. Kalau tidak ada perubahan, Kulon Progo akan menjadi penonton,” tutupnya.

About the Author

Related Posts

Luar biasa, prestasi yang diraih dua bandara PT Angkasa Pura  I ( Persero) yakni Bandara  I Gusti...

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  akan membangun jembatan yang menghubungkan...

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di...

Leave a Reply