Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya mendukung langkah Kementerian Keuangan untuk menerapkan pajak bagi usaha dagang online atau yang dikenal dengan e-commerce.  Mendag  mengakui aktivitas transaksi online terus mengalami terus mengalami peningkatan yang signifikan. Sayangnya, transaksi tersebut saat ini tidak terpantau oleh pajak.

Hal inilah yang memunculkan kecemburan dari usaha dagang offline. Para pedagang yang transaksinya bukan melalui online merasa dianak tirikan karena para pedagang offline dikenakan pajak sedangkan pedagang tidak dikenakan pajak.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa penjualan online itu meningkat dan disebut terjadi persaingan tidak sehat antara online dan offline, karena mereka (online) tidak terjangkau pajak, dan tidak sewa space. Maka inilah pemerintah sedang menggodok pajak untuk e-commerce,” kata Mendag dalam jumpa pers usai pembukaan Trade Expo Indonesia (ITE) 2017  di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu, 11 Oktober 2017.

Kendati mendukung, politisi Nasdem itu berharap pajak yang diterapkan untuk usaha online tidak terlalu tinggi. Mendag  khawatir jika pajak yang diberlakukan terlalu maka para investor tidak mau menanamkan modalnya di Indonesia. Menurut Mendag, bisnis digital yang kini berkembang pesar dijadikan lahan bidikan para investor.

“Tentu tidak bisa kenakan pajak berlebihan sehingga bisa menghambat investasi. Keseimbangan ini yang sedang dirumuskan. Kita pasti akan libatkan dunia usaha, karena kita percaya dunia usaha lebih tahu apa yang dialaminya,” jelas dia.

Selanjutnya, DJP juga diminta untuk berdiskusi dengan para pelaku usaha. Hal itu perlu dilakukan agar kelangsungan bisnis mereka bisa tetap terjaga dan negara tetap bisa mendapat profit.

“Semuanya mereka tergabung dalam Kadin, dan mereka akan beri masukan untuk menyusun kebijakan itu. e-Commerce itu sesuatu hal yang kita harus pelihara, tapi harus hati-hati,” pungkasnya.

Hingga saat ini aturan pajak untuk usaha online masih digodok oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kemenkeu menargetkan pemberlakuan pajak untuk usaha online ini akan diterapkan tahun depan.

About the Author

Related Posts

Luar biasa, prestasi yang diraih dua bandara PT Angkasa Pura  I ( Persero) yakni Bandara  I Gusti...

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  akan membangun jembatan yang menghubungkan...

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di...

Leave a Reply