Pemerintah provinsi (Sulut) Sulawesi Utara  (Sulut) mendukung film nasional yang mengambil lokasi pengambilan gambar di Sulut. Dukungan itu langsung dilontarkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, Senin, 13 November 2017.

Olly mengatakan film nasional yang produksinya di Sulut dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata Sulut. Bahkan Olly optimis pariwisata Sulut dapat terangkat, jika hal ini dilakukan oleh para pemangku kepentingan di dunia film.

Dukungan ini diberikan Olly bukan sekedar membuka akses seluas-luasnya bagi rumah produksi untuk memakai bumi sulut untuk lokasi shooting-nya, namun pemprov Sulut siap membantu mencarikan sponsor.

“Pemerintah daerah sangat mendukung industri perfilman di Tanah Air. Kami akan memberikan akses bagi rumah produksi yang hendak mengambil gambar film di Sulawesi Utara, kami akan dukung pendanaannya dengan mencari sponsor,” kata Olly.

Bahkan kata dia, apabila film dibuat dan diputar di bioskop Kota Manado, pemerintah provinsi tidak akan mengenakan retribusi hiburan.

Bentuk dukungan yang diberikan Sumut bagi perfilman nasional sudah dilakukan melalui kesiapan Sulut jadi tuan rumah  Festival Film Indonesia beberapa waktu lalu.

“Waktu itu Sulawesi Utara menjadi tuan rumah pelaksana Apresasi Film Indonesia yang digelar di Manado. Tahun ini dipercaya untuk jadi tuan rumah FFI,” ujarnya.
Saat ini, kata dia, sedikitnya tiga proyek film Indonesia yang mengambil gambar di sana yaitu Senjakala di ManadoTommi n Jerri, serta Hujan Bulan Juni.

Bahkan kata dia, ada rumah produksi dari Korea Selatan dan Perancis yang mengambil gambar di kawasan Pulau Bunaken.

Untuk mendukung kelanjutan proses produksi film yang mengambil gambar di Sulawesi Utara, pemerintah deerah sementara membuat peraturan. “Jadi, apabila ada rumah produksi membuat film dan filmnya diputar di Manado, dengan catatan 50 persen berlatar panorama setempat, pemprov akan membebaskan biaya retribusi,” tutup Olly. (Sumber Antara)

 

About the Author

Related Posts

Kementerian Keuangan telah membuka  kepada wajib pajak untuk dapat pengampunan pajak atau tax...

Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose ditunjuk sementara sebagai...

LAPAN Debate Competition kembali digelar LAPAN pada tanggal 21 – 22 November 2017 di Kantor LAPAN...

Leave a Reply