Museum De MATA De ARCA di Yogyakarta menjadi salah salu tempat wisata yang mengasikan. Di museum ini. wisatawan dapat menikmati koleksi gambar berkonsep 3D, 4D dan 5D. Foto dengan gambar-gambar tersebut, seolah-olah seperti aslinya. Misalnya foto bersama tryrex yang sedang menerakam. Hasil dari foto itu anda seperti sedang diterkam salah satu jenis dinosaurus terbuas itu.

Selain foto, wisatawan juga dapat berfoto dengan patung tokoh-tokoh terkemuka di dunia dan di Indonesia, seperti Mantan Presiden Amerika Serika Barack Obama, Presiden RI Joko Widodo, Presiden Pertama RI Soekarno dan masih banyak lagi. Bahkan public figur dunia juga dibuatkan patung berbahan dasar lilin ini. Namun tak dikira,  Museum yang berlokasi Pasar Seni XT-Square, Yogyakarta, menjadi sorotan media asing dan organisasi HAM dunia setelah memuat tokoh dictator Jerman Nazi Adolf Hitler. Mereka memprotes Museum De MATA De ARCA yang telah memasang patung tersebut. Diantara mereka menyatakan pemasangan patung Hitler telah melukai keluarga korban kekejaman Nazi.

Kehadiran patung Adolf Hitler di museum ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Setiap pengunjung yang datang, tidak pernah melewatkan untuk berfoto bersama tokoh tertinggi Nazi ini.

Setelah dihujani protes dan untuk menghargai para korban, akhirnya patung tersebut disingkirkan. Tak hanya patung, latar dibelakang foto tersebut juga dihilangkan. Latar itu menggambarkan kamp konsentrasi NAZI di Ausschwitz, Polandia.  Kini kamp tersebut menjadi salah satu daftar Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO.

Manajer operasi museum, Jamie Misbah, mengatakan Patung Adolf Hitler dan latarnya sudah tak dipertontonkan lagi sejak Jumat, 10 November 2017. Menurut JamieKeputusan itu diambil setelah pihak museum menerima protes dari organisasi Yahudi terkemuka di AS, Simon Wiesenthal Center.

“Kami tidak ingin memicu kemarahan,” kata Misbah. ”Tujuan kami untuk menampilkan tokoh Hitler di museum adalah untuk mendidik,” katanya lagi, seperti dikutip AFP

Sebelumnya, pihak museum menolak kritik dan mengatakan, hingga kini tidak ada keluhan dari pengunjung dan sosok Hitler itu salah satu yang paling populer di kalangan pengunjung. Patung Hitler itu ditempatkan diantara figur film fiksi Star Wars, Darth Vader dan Presiden Indonesia Joko Widodo.

About the Author

Related Posts

Kementerian Keuangan telah membuka  kepada wajib pajak untuk dapat pengampunan pajak atau tax...

Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose ditunjuk sementara sebagai...

LAPAN Debate Competition kembali digelar LAPAN pada tanggal 21 – 22 November 2017 di Kantor LAPAN...

Leave a Reply