Headline NewsPageants

34 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2020 Mulai Jalani Karantina Virtual

Sebanyak 34 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2020  hari ini, Rabu (15/9/2020) mulai menjalani karantina virtual yang diselenggarakan EL JOHN Pageants. Karantina perdana yang ditayangkan EL JOHN TV ini, dibuka langsung oleh Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto.

Setelah pembukaan, masing-masing finalis memperkenalkan diri kepada Founder Yayasan EL JOHN Indonesia dan kepada sahabat EL JOHN. Dalam pembukaannya,  Martinus Johnnie Sugiato   juga   memberikan pembekalan yang pertama kepada para finalis. Materi pembekalan yang disampaikan mengenai Kontes Putri Pariwisata Indonesia dan juga soal persyaratan yang harus dipenuhi finalis ketika terpilih menjadi pemenang.

“Seperti diketahui bahwa Yayasan EL JOHN Indonesia sudah didirikan dari tahun 1990 dan sudah 13 tahun menyelenggarakan pemilihan  Putri Pariwisata Indonesia. Tujuan dari penyelenggaraaan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia itu adalah dalam rangka untuk mendorong sumber daya manusia (SDM) yang handal  di bidang kepariwisataan. Jadi kita pengen mendorong agar orang-orang ini memiliki pengetahuan yang bagus, attitude  yang bagus,” kata tokoh pariwisata nasional ini.

Sementara itu, untuk syarat yang harus dipenuhi oleh pemenang kontes adalah wajib tinggal di Jakarta dan bekerja bersama EL JOHN Pageants. Hal ini dilakukan karena kegiatan seorang putri begitu padat dan harus siap setiap waktu.

“Ketika anda semua terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia  2020, yang sedang berkuliah harus minta izin cuti kuliah selama satu tahun  karena anda wajib tinggal di Jakarta untuk menjalankan berbagai kegiatan dalam kapasitas anda sebagai seorang Putri Pariwisata Indonesia. Kalau anda dalam satu kontrak kerja sama, dari sekarang anda harus bicarakan  dengan agency  anda untuk cuti. Demikian juga yang sedang bekerja,”

Selain Founder Yayasan EL JOHN Indonesia, di karantina perdana ini para finalis juga mendapatkan pembekalan dari Civil Servant (retired)  Ministry of Tourism Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si. Saat masih di Kementerian Pariwisata (Sekarang bernama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), jabatan terakhir yang dipegang Esthy adalah  Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar.

Kepada finalis, Esthy memberikan pembekalan tentang Strategi Pemasaran Pariwisata di Era New Normal. Esthy mengatakan strategi pemasaran di tengah pandemi ini harus ada inovasi dan berdaptasi dengan kebiasaan baru.

“Targetnya seperti apa dan segmentnya seperti apa. Target  itu maksudnya konsumen, pelanggan kita yang mana. Kita memang harus jeli memilih target, mungkin lebih khusus lagi tidak hanya target pelanggan kita saja, tetapi lebih kecil lagi segmentnya seperti apa,” kata Esthy.

“Kemudian juga bagaimana kita mempositioning produk kita agar konsumen kita lebih aware. Dengan program CHSE (cleanliness, health, safety, environment)  itu pelanggan dapat lebih nyaman, lebih yakin. Dan juga harus dilihat branding seperti apa, masukan seperti apa yang layak nanti dan menyesuaikan dengan kondisi yang sekarang. Dan bagaimana kita menjualnya,” lanjut Esthy

Dalam karantina virtual ini, para finalis diminta untuk menceritakan pengalaman mengesankan saat berwisata di daerahnya. Menceritakan pengalaman ini menjadi tugas pertama yang diberikan finalis  agar dapat mengetahui pariwisata ada di tanah kelahirannya.

Karantina virtual ini akan diselenggarakan satu kali dalam dua minggu. Ada  4 karantina lagi yang harus dijalankan para finalis yakni pada tanggal 30  September 2020, 14 Oktober 2020, 28 Oktober 2020 dan 11 November 2020.

Setelah itu, para finalis akan mempersiapkan diri untuk menjalani Grand Final pada bulan Desember 2020.  EL JOHN Pageants belum dapat memastikan apakah grand final akan dilangsungkan secara fisik atau tetap  secara virtual,  karena akan melihat perkembangan kasus Covid-19  dan mengikuti  arahan dari Pemerintah.

Finalis yang mengikuti karantina ini, merupakan peserta yang lolos di audisi batch 1 dan 1 secara virtual.  Tahapan penilaian audisi d meliputi  screening data, profil, tinggi badan dan penilaian dari juri audisi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close