Culinary TourismCultureDestinationFoodHeadline News

38 Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 Dapat Pembekalan Tentang Budaya Kuliner

38 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 kembali mendapat koleksi ilmu tentang pariwisata melalui sesi pembekalan di hari ke-5 masa karantina di Hotel Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu, 16 Agustus 2017. Pembekalan kali ini diberikan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Hari Untoro Drajat. Selama satu setengah jam, Hari memberikan pendalaman materi tentang budaya  yang dikaitkan dengan kuliner sesuai tema yang diangkat di event tahun ini yakni “Enjoying Indonesia’s Wonderful Culinary”.

 

Hari menjelasakan bahwa budaya dan kuliner merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Kuliner dapat mencerminkan keberagaman  budaya yang ada di Indonesia dan sebaliknya.  Bahkan dalam ekonomi kreatif budaya memiliki 16 unsur penting salah satunya adalah kuliner.

“Konsep budaya itu tentu ada ide, ada gagasan, ada filosopi dibalik dari apa yang sudah ada. Kalau kita lihat kuliner maka dibalik makanan pun ada vellue, ada nilai dan lebih tinggi lagi menjadi keunggulan kompetitif. Kalau ditambahkan di dalam penyajian dan disesuaikan dengan perkembangan masa sekarang memang budaya cukup banyak. Di dalam ekonomi kreatif itu ada 16 point nah kuliner ini adalah salah satu yang menentukan di dalam keunggulan-keunggulan daerah,” kata Hari saat diwawancara Redaksi EL JOHN News usai memberikan pembekalan.

Menurut Hari, para finalis begitu semangat mendengarkan materi pembekalan yang diberikannya. Bahkan Hari menyebut banyak finalis yang telah memiliki pengentahuan yang mendalam   tentang budaya maupun kuliner yang mewakili daerahnya.  Hari berharap para finalis maupun Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang terpilih nanti, dapat lebih genjar mempromosikan budaya dan kuliner yang menjadi keunggulan di daerahnya.

“Saya mengharapkan para putri dapat lebih banyak mempromosikan, menjabarkan dan  memberikan penjelasan lebih jauh tentang kuliner yang ada di Indonesia sebagai potensi yang ada di daerah-daerahnya dan budaya semakin dilestarikan, maka akan mendatangkan kesejahteraan. Tentunya dengan keistimewaan-keistimewaan dan keunikan-keunikan yang ada di daerah. Di semua daerah itu, ada soto tapi keunikan dan keistimewaannya berbeda-beda.Keragaman yang ada di Indonesia perlu ditampilkan dan dipromosikan.

Selain mendapatkan pembekalan, sebelumnya ke 38 finalis juga telah  mengkuti sesi lainnya di hari ke-5 masa karantina seperti beauty class dari Lt Pro. Hari ke-6 masa karantina atau Kamis besok, 17 Agustus 2017 para finalis akan kembali menjalani kegiatan dan pembekalan lainnya, diantaranya para finalis akan mengikuti Upacara Pengibaran Bendera  bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kementerian Pariwisata.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button