Food

5 Ikon Makanan Nasional Indonesia, yang Ditetapkan Menteri Pariwisata

Tak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang memesona. Indonesia pun memiliki warisan kuliner dengan cita rasa rempah yang luar biasa. Untuk itu, Kementerian Pariwisata memilih lima makanan khas nusantara sebagai ikon nasional untuk diperkenalkan kepada negara lain. Makanan merupakan salah satu atraksi wisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan 5 ikon makanan nasional Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan bahwa 40 % wisatawan baik dari dalam dan luar negeri di Indonesia melakukan pariwisata dengan kuliner. Sehingga Arief menetapkan 5 ‘national food’ sebagai makanan nasional untuk menarik kunjungan turis mancanegara

“Kuliner ini bisnis yang sempurna, apa itu sempurna? 3 S-nya sempurna. Satu sizenya besar, ke dua suistanibilitynya tinggi selalu double digit growth dan yang ketiga spread. Spread itu profit marginnya tinggi,” Kata Arief, Selasa (18/9/2019) kemarin dalam jumpa Pers (Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival) WICSF di Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Jl Merdeka Barat, Jakarta.

Namun, ada beberapa permasalahan di wisata kuliner yaitu menyangkut branding. Indonesia tidak mempunyai ikon makanan nasional.

“Kita tidak punya nasional food,” tegasnya.

Beberapa negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia dan beberapa negara lain memiliki ikon makanan nasional. Akhirnya Kementerian Pariwisata menetapkan 5 ikon makanan nasional.

“Akhirnya kita tetapkan, ini harus dijual nanti, saya tetapkan national food, satu soto yang kedua rendang, yang ketiga sate yang keempat nasi goreng dan yang kelima gado-gado,” papar Arief.

“Soto saja jenisnya ada 72, ada di mana-mana mudah didapat. Lalu rendang itu cultural value-nya sangat tinggi, sangat otentik Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers menjelang Festival Jajanan Bango, Senin (9/4).

Pernyataan ini berkaitan dengan festival kuliner dan belanja khas Indonesia, Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival yang akan digelar pada 27 September-27 Oktober mendatang di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengangkat jajanan tradisional Indonesia, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close