Life Style

6 Kegiatan Seru Saat Ngabuburit di bulan Ramadan

Ngabuburit menjadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu luang seraya menunggu buka puasa. Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda, di mana berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

Ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Olahraga

Sumber Foto: Freepik/partystock

Meski sedang puasa, bukan berarti kamu malas untuk berolahraga. Sambil menunggu waktu buka, kamu bisa olahraga ringan seperti yoga ataupun pilates. Selain itu, kamu juga dapat berjalan kaki di sekitar rumah.

Beberapa manfaat jalan kaki yang baik untuk tubuh, seperti dapat menjaga berat badan ideal, menguatkan tulang dan otot kaki, memelihara kesehatan sendi, menjaga kesehatan jantung, dan lainnya.

Bersih-bersih Rumah

Sumber Foto: Freepik

Membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan sambil ngabuburit. Kamu bisa melakukan bersama-sama dengan anggota keluarga dan membagi pekerjaan, sehingga dapat menjadi lebih ringan. Selain rumah menjadi bersih, kamu juga bisa memperat hubungan dengan keluarga.

Berburu Takjil

Sumber Foto: Freepik/odua

Saat bulan Ramadan, pasti kita menjumpai penjual yang menjajakan makanan maupun minuman di sepanjang jalan. Saat siang atau sore hari, para pedagang mulai membuka gerainya dan menjajakan aneka takjil.

Biasanya, warga mencari takjil untuk menu buka puasa, seperti aneka gorengan, kolak, es kelapa, es buah, lontong, dan masih banyak lagi.

Melakukan Hobi yang Disukai

Sumber Foto: Freepik/pvproductions

Bila biasanya kamu tak ada waktu luang untuk melakukan hobi yang disukai, maka kamu bisa memanfaatkan momen ngabuburit ini untuk mengembangkan hobi yang selama ini jarang tersentuh, seperti membaca buku, menulis jurnal, menonton film, dan kegiatan positif lainnya.

Membuat Menu Buka Puasa

Sumber Foto: freepik/rawpixel.com

Untuk mengisi waktu luang menunggu buka puasa, kamu dapat menyiapkan hidangan buka puasa. Sebelum itu, kamu juga bisa terlebih dahulu membeli bahan-bahan makanan di pasar tradisional atau modern. Pastikan menu buka puasa yang kamu siapkan mempunyai nutrisi seimbang untuk tubuh.

Tadarus Al-Quran

Sumber Foto: Freepik

Membaca Al-Quran saat bulan Ramadan menjadi kegiatan positif. Selain mendapatkan pahala, membaca Al-Quran juga dapat menenangkan hati dan pikiran, diselamatkan saat hari penghisaban, mendapat perlindungan dari Allah SWT, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membaca 1 juz per hari. Tidak hanya membaca di bulan Ramadan, akan lebih baik juga dibaca di hari-hari di luar bulan Ramadan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button