DestinationSports

Aceh International Marathon 2018 Akan Digelar

Pemerintah Aceh akan menggelar Aceh International Marathon 2018 di Sabang, 29 Juli mendatang. Kegiatan yang diprediksi akan diikuti 4.000 pelari itu bertujuan untuk menghadirkan keindahan dan keistimewaan Pulau Aceh serta mempromosikan keramahan dan suasana aman di Aceh kepada pelari khususnya dan masyarakat pada umumnya. Ini adalah acara marathon Internasional perdana di Aceh.

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf MSc, dalam rapat persiapan pelaksanaan Aceh Internasional Marathon 2018, di ruang kerjanya, Senin (29/1). Irwandi berharap melalui kegiatan bertaraf internasional itu mampu membuka mata dunia terkait kondisi terkini Aceh.

“Aceh International Marathon kita laksanakan agar masyarakat dunia mengetahui bahwa Aceh benar-benar terbuka bagi wisatawan dan investasi. Pemilihan Sabang sebagai lokasi kegiatan karena kota kepulauan ini adalah gerbang pariwisata Aceh,” ujar Irwandi Yusuf.

Tujuan penyelenggaraan Aceh Marathon 2018 di Sabang adalah mengenalkan industri pariwisata di kawasan khusus Pulau Weh di Aceh. Beberapa tempat wisata di Aceh dan terutama pulau weh yang bisa digunakan untuk menarik wisatawan.

Rapat tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Musri Idris, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Reza Fahlevi, Kepala Dinas Kesehatan, dr Hanif, Kepala Biro Isra, Sulaiman, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin.Untuk mensukseskan kegiatan itu, gubernur mengimbau seluruh pemangku kebijakan untuk serius mempersiapkan segala kebutuhannya. Sehingga, Aceh International Marathon 2018 menjadi salah satu event yang paling dikenang oleh para peserta, baik atlet lokal, nasional maupun internasional.

“Demi suksesnya acara, tolong pikirkan hal-hal yang tidak terpikirkan. Pemkot Sabang bersama BPKS dan seluruh dinas terkait harus terus berkoordinasi dan bekerja sebaik-baiknya demi suksesnya Aceh Internastional Marathon 2018,” pungkasnya.

Dengan mengusung tema ‘Everything Start from Zero’, acara ini akan dimulai dari wilayah 0 kilometer negara Indonesia. Pelari akan melalui pantai-pantai yang masih asli dan sangat indah yang dipadukan dengan hutan tropis yang asri. Pantai-pantai di sabang dikelilingi oleh pohon kayu keras yang besar. Pemandangan laut dan lingkungan alaminya akan menggoda perjalanan Anda selama Aceh Marathon 2018.

Selain itu Irwandi juga meminta agar atlet-atlet Aceh dibina dan dilatih secara khusus, bila perlu datangkan pelatih dari berpengalaman. “Perlu pelatihan untuk talenta lokal. Dengan panjangnya waktu tersisa, bukan tidak mungkin potensi lokal Aceh akan mampu bersaing dengan atlet-atlet marathon dari luar negeri,” katanya.

Sementara Wali Kota Sabang, Nazaruddin bersama dinas terkait menyatakan komitmen untuk menyukseskan lari marathon sejauh 42 kilo meter itu. Selain kegiatan Aceh Internastional Marathon 2018 juga akan diisi dengan Half Marathon 21 Kilometer, 10 Kilometer dan 5 Kilometer, dengan total hadiah mencapai Rp 2,5 miliar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button