Ada yang Diakui UNESCO, Berikut 6 Makanan Indonesia yang Mendunia

0

Indonesia menyimpan banyak kekayaan budaya yang diakui di dunia, salah satunya dalam hal kuliner. Jika berkunjung ke berbagai daerah yang ada di Indonesia, wisatawan akan menemukan makanan yang unik dan menjadi ciri khas daerah tersebut.

Tak jarang pula makanan tradisional Indonesia menjadi terkenal dan disukai hingga ke penjuru dunia, bahkan ada pula yang diakui oleh UNESCO.

Berikut 6 makanan Indonesia yang sudah mendunia.

Rendang

Sumber Foto: fimela.com/Ika Rahma H

Siapa sih yang tidak tahu rendang? Makanan khas dari Sumatera Barat ini terbuat dari daging dan dimasak dengan santan hingga kuahnya kering.

Hasil survei dari CNN Internasional mengatakan bahwa rendang berada di peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food pada tahun 2011. Tidak hanya itu, rendang juga diakui oleh UNESCO sejak tahun 2013.

Rawon

Sumber Foto: liputan6.com/cookpad

Makanan lain yang menggunakan daging sebagai bahan utama adalah rawon. Makanan ini memiliki kuah berwarna hitam yang terbuat dari berbagai rempah, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, cabe, kunyit, maupun jahe. Ada pula tambahan lain seperti asam jawa dan biji keluak yang membuat rawon semakin gurih.

Makanan khas dari Jawa Timur ini, dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia versi Taste Atlas pada tahun 2020. Survei ini berdasarkan dari penilaian kritikus restoran professional dan 63.402 panelis. Rawon berada di peringkat nomor satu dari 12 besar sup terenak di dunia.

Selain rawon, juga ada gulai cincang yang ada di posisi nomor tiga, serta sayur asem yang ada di posisi ke-12.

Nasi Goreng

Sumber Foto: kaltim.tribunnews.com

Meskipun di negara lain juga mempunyai nasi goreng sendiri, namun nasi goreng dari Indonesia masuk dalam daftar World’s 50 Delicious Food dari CNN Internasional pada tahun 2011. Selain itu, nasi goreng Indonesia juga diakui oleh UNESCO pada tahun 2011.

Nasi goreng Indonesia memiliki beragam jenis, seperti nasi goreng kampung, nasi goreng Aceh, nasi goreng Padang, nasi goreng kuah Kediri, nasi goreng merah Makassar atau nasi goreng ujung pandang, nasi goreng mawut atau magelangan, nasi goreng resek Malang, nasi goreng Padang, dan variasi lainnya.

Namun, pada umumnya nasi goreng terbuat dari campuran olahan kecap manis, bawang merah, bawang putih, ditambah telur, acar, daging ayam, dan kerupuk.

Pempek

Sumber Foto: kompas.com/SATAB GNANA

Makanan khas dari Palembang ini, masuk ke dalam daftar sebagai makanan laut terenak di dunia versi Taste Atlas pada 23 Maret 2023. Pempek menduduki posisi nomor empat dengan mendapat skor 4,7.

Pempek terbuat dari olahan daging ikan yang digiling hingga lembut, lalu dicampur tepung kanji atau tepung sagu. Adapun bahan-bahan lainnya seperti telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Pempek bisa dimakan kering atau memakai kuah. Kuah pempek yang dimaksud adalah kuah cuko yang terbuat dari campuran cuka, asam jawa, gula merah, serta cabai.

Pempek mempunyai berbagai jenis yang bisa dimakan sesuai selera, seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek pistel, pempek adaan, pempek tahu, dan sebagainya.

Tempe

Sumber Foto: detik.com/iStock

Makanan Indonesia selanjutnya yang terkenal di dunia adalah tempe. Makanan ini terbuat dari fermentasi kacang kedelai.

Tempe kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti tinggi protein, rendah lemak, mengandung kalsium, fosfor, thiamin, vitamin B12, retinol, karbohidrat, serat, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan biotin.

Berbagai olahan yang terbuat dari tempe seperti tempe orek, tempe mendoan, tumis tempe kecap, tempe goreng, dan variasi lainnya. Biasanya, tempe juga disajikan sebagai hidangan pelengkap.

Kemenparekraf telah mendaftarkan tempe sebagai warisan budaya tak benda UNESCO pada 2021 lalu.

Lumpia

Sumber Foto: detik.com

Lumpia merupakan makanan yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Lumpia sudah diakui oleh UNESCO pada 2014 sebagai warisan budaya Indonesia.

Salah satu jajanan tradisional Indonesia ini, diisi oleh berbagai varian seperti sayur-sayuran maupun daging. Lumpia juga acap kali mirip seperti risol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *