EconomicHeadline NewsTransportation

Airbus Ingin Kerja Sama Denga PT Dirgantara Indonesia Ditingkatkan

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend mengapresiasi terjalinnya kerjasama yang baik antara PT Dirgantara Indonesia (DI) dengan produsen pesawat Airbus SE. Vicent menyebut kerjasama ini harus ditingkatkan  dan diperluas agar hubungan kedua pihak semakin erat.  Seperti diketahui hubungan kerjasama PT DI dan Airbus sudah berusia 40 tahun.

Vicent menilai komponen pesawat dan helikopteeer yang diproduksi PT DI merupakan kompunen mutakhir dan memiliki kualitas tinggi untuk dunia   penerbangan. Hal inilah yang menjadikan Airbus menggunakan komponen-komponen ciptaan PT DI tersebut.

“Kalian mungkin tahu beberapa sparepart Airbus dibikin di Bandung dan kemudian dikirim ke seluruh penjuru dunia melalui produk pesawat Airbus,” kata Vincent di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (25/5).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan, perluasan kerja sama akan dilakukan untuk bagian komponen dari pesawat militer jenis EADS CASA C-295. Selain itu, perluasan juga akan dilakukan terhadap pembangunan Eurocopter.

“Kami mengharapkan nanti di Eurocopter pasarnya diperluas lagi,” kata Airlangga.

Tak hanya itu, Airlangga juga mengharapkan terdapat peningkatan ekspor barang-barang ke eropa sejalan perundingan Comprehensive Economics Partnership Agreement (CEPA).

Airlangga mengatakan, sektor yang diharapkan ekspornya meningkat, yakni makanan dan minuman, tekstil, pakaian, alas kaki, kelapa sawit dan turunannya.

Karenanya, Airlangga mengharapkan agar perundingan CEPA dapat segera diselesaikan. Perundingan CEPA sendiri ditargetkan selesai sebelum 2020.

Vincent mengatakan, saat ini perundingan CEPA antara Indonesia dengan Uni Eropa masih terus berlangsung hingga saat ini. Dia pun berharap agar CEPA dapat diselesaikan secepatnya.

“Kami sangat percaya diri, tetapi kami tidak dalam tahap untuk mengatakan bahwa kami telah menyelesaikan diskusi. Ambisi tersebut harus diselesaikan sedini mungkin,” kata Vincent.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close