DestinationHeadline NewsTourism

Akibat Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian di Empat Gunung Ditutup

Akibat cuaca ekstrem jalur pendakian ke empat  gunung di Indonesia terpaksa ditutup. Tiga Gunung itu yakni Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Pangrango dan Gunung Gede.

Untuk penutupan jalur pendakian ke Gunung Rinjani sudah dimulai sejak 1 Januari 2018 hingga 31 Maret 2018. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) R Agus Budi Santosa mengatakan penutupan dilakukan karena cuaca ekstrem sudah menyelimuti sekitar Gunung Rinjani. Bahkan cuaca ini diprediksi terus terjadi hingga beberapa bulan kedepan.

“Penutupan jalur pendakian mempertimbangkan kondisi cuaca di atas gunung dan untuk kepentingan pemulihan kawasan taman nasional,” kata Agus, di Mataram beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, BTNGR telah menyebarkan informasi penutupan ini ke pihak yang berkepentingan, baik Dinas Pariwisata NTB, dan kabupaten/kota serta para pelaku pariwisata.

Agus menyebutkan ada empat jalur pendakian Gunung Rinjani yang tersebar di Sembalun dan Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur. Ada juga di Senaru, Kabupaten Lombok Utara, dan Aikberik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

“Ada empat jalur pendakian resmi yang ditetapkan oleh BTNGR. Jika ada yang mendaki melalui jalur lain tanpa izin resmi berarti ilegal,” ujarnya.

Sementara itu,  untuk penutupan jalur pendakian ke Gunung Semeru dilakukan hari ini, Kamis, 4 Januari 2017. Alasan penutupan pun sama yakni terjadinya cuaca ekstrem. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) cuaca ekstrem di sekitar Gunung Semeru sangat membahayakan keselamatan para pendaki.

Sedangkan untuk Gunung Pangrangon dan Gunung Gede di Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat, jalaur pendakiannya juga sudah ditutup bebrapa waktu lalu akibat cuac ekstrem.

“Kondisi cuaca ekstrem di setiap gunung berbeda-beda. Jadi jadwal penutupan dan pembukaan juga berbeda, tergantung kondisi alamnya,” jelas Agus.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button