FoodHealthy Life

Apa Saja Manfaat Mengunyah Makanan Lebih Lama

Kita sering mendengar makanan harus dikunyah 32 kali supaya mudah diserap. Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa kali jumlah minimal mengunyah makanan yang baik, semakin lama dikunyah, makanan semakin lunak, sehingga semakin mudah diserap tubuh.

Selain mempercepat penyerapan makanan, beberapa manfaat berikut ini bisa diperoleh jika Anda mengunyah makanan dengan baik.

Ketika Anda mengunyah lebih lama, otak akan menyadari jumlah makanan yang Anda konsumsi. Sebaliknya, jika Anda mengunyah dengan cepat, otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyadari berapa jumlah makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, Anda akan cenderung makan lebih banyak.

Anda yang ingin menjaga berat badan atau menurunkan bobot tubuh bisa mengunyah makanan lebih lama. Sebab, kebiasaan ini dipercaya bisa membantu mengurangi bobot tubuh.
Berikut manfaat mengunyah makanan dengan durasi lama:

1. Memberikan waktu bagi perut untuk menyiapkan sistem pencernaan

Sistem dalam perut akan mulai bekerja ketika mulut Anda mulai mengunyah. Karena itu, mengunyah lebih lama membuat sistem dalam perut lebih siap mencerna makanan, seperti dikutip dari laman Bold Boldsky.

2. Mempercepat penyerapan makanan

Sistem pencernaan dimulai dari mulut Anda. Ketika mengunyah, air liur dan gigi Anda memecah makanan hingga berbentuk partikel yang mudah dicerna.

3. Menikmati Rasa

Mengunyah makanan dengan baik akan membuat Anda lebih menikmati rasa makanan yang dikonsumsi.

4. Membantu melepaskan hormon

Selain memberikan waktu yang cukup untuk sistem pencernaan pada perut, mengunyah makanan dengan baik bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk melepaskan hormon, seperti leptin dan ghrelin, yang berfungsi dalam proses mencerna makanan.

 

 

 

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button