DestinationHeadline NewsTourism

Bantul Akan Hadirkan Objek Wisata Baru Berkonsep Rumah Burung Hantu

Satu lagi objek wisata baru akan hadir di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Objek wisata baru  itu yakni berkonsep rumah burung hantu yang berlokasi di Sedayu, Bantul.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul yakin konsep ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Bantul.

“Di Sedayu ini sudah ada rubuhan (rumah burung hantu) di dua desa yaitu Argosari dan Desa Argorejo dan ke depan akan menjadi salah satu potensi destinasi wisata di Sedayu,” kata Camat Sedayu Fauzan Muarifin di Bantul, Selasa, 9 Januari 2018.

Fauzan mejelaskan Sedaya sebelumnya sudah miliki Museum Soeharto. Kehadiran museum ini membantu Bantul untuk menyedot kunjungan wisatawan. Bahkan Museum ini berkontribusi terhadap sektor pariwisata di DIY.  Namun melihat, Sedayu memiliki populasi tikus yang tinggi dan menyerang lahan pertanian, dibuatlah rubuhan untuk mengurangi populasi tikus.

“Karena untuk membasmi tikus itu sulit sekali, meskipun kita sudah mengadakan beberapa kali gropyokan tikus, tapi tetap masih ada. Dan di tahun 2005 kita mengadakan studi banding ke Demak Jawa Tengah kaitannya membasmi tikus melalui burung predator,” katanya.

Menurut dia, dari hasil studi banding ke Demak itu oleh gabungan kelompok tani (gapoktan), pemerintah kecamatan Sedayu tersebut kemudian juga dilakukan Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul dan instansi terkait di DIY.

“Konsep rubuhan ini yang dipakai untuk mengatasi tikus, dan nantinya akan dikembangkan sebagai wisata edukasi konsep rubuhan,” katanya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button