EconomicHeadline News

Baznas dan Go-Pay Berkolaborasi Luncurkan Sedekah Non Tunai Lewat Kode  QR

Bersedekah  kini semakin mudah dengan program yang digagas Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) dan Go-Pay.   Program itu bertajuk sedekah non tunai lewat kode  QR (QR Code) yang diluncurkan jelang Ramadhan. Program ini, diluncurkan  oleh Deputi BAZNAS M.Arifin Purwakananta dan Managing Director Go-Pay Budi Gandasoebrata di kantor Baznas, Jalan Johar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018.

Masyarakat yang ingin bersedekah lewat QR code ini, awalnya harus  menginstal aplikasi Go-Pay.  Setelah itu pilih menu scan QR code yang ada di aplikasi tersebut, kemudian  memindai kode QR milik Baznas yang ada di berbagai  lokasi di Jabodetabek.  Kode QR milik Baznas  dapat ditemui di baliho, 23 stasiun kereta api, communter line Jabodetabek, 36 gerai Baznas yang ada di pusat perbelanjaan, perkantoran, dan fasilitas publik lainnya.

Deputi Baznas M. Arifin Purwakananta mengatakan  masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan program ini untuk bersedekah. Sedekah yang disalurkan melalui metode ini sudah sah.

“Secara teknlogi memang ibadah (sedekah) ini bisa dirasakan sama rasanya dengan kalau bayar zakat ketemu dan menyalami amil. Kalau dulu orang merasa plong ketika bertemu, salaman dan didoakan. Kalau anak muda sekarang sudah plong dengan mengetahui uangnya disalurkan oleh Baznas,” kata Arifin dalam jumpa pers peluncuran program  sedekah non tunai lewat kode  QR di Kantor Baznas, Rabu, 16 Mei 2018.

Arifin mengaku, masyarakat yang berdonasi melalui Baznas terus mengalami peningkatan sekitar 40 persen tiap tahunnya. Karena itu, Arifin  berharap  sedekah atau zakat yang disalurkan melalui metode ini,  dapat mencapai Rp 2 miliar.

“Target Baznas ada Rp 2 miliar dana zakat dan sedekah terhimpun melalui QR Code Go-Pay selama Ramadan 2018. Go-Pay tidak mengambil potongan apapun dari dana yang terhimpun. Dana ini akan disalurkan bagi penerima zakat binaan Baznas,” ujar Arifin.

Program ini merupakan salah bentuk komitmen Baznas untuk  mengembangkan berbagai model pembayaran digital sehingga layanan zakat dapat makin mudah dijangkau.

Sementara itu, Managing Director Go-Pay, Budi Gandasoebrata mengatakan pihaknya bangga dan merasa terhormat dapat bekerjasama dengan BAZNAS untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai pemerintah.

“Baznas kan lembaga negara yang sudah dikenal dan sudah diakui jadi, menurut kita di program ini kan kepercayaan dari masyarakat terlebih dahulu, makanya kita memulai dari Baznas dan tidak menutup kemungkinan  kita juga  akan kerjasama dengan institusi lainnya,” kata Budi dalam kesempatan yang sama.

Saat ditanya soal target dari kerjasama ini, Budi menjelaskan Go-Pay tidak memasang target, hanya kehadiran Go-Pay untuk mempermudah masyarakat yang ingin bersedekah.

“Ini kan sedekah kalo soal sedekah kita ga pasang target dan kalau ada pun targetnya bukan target angka  tapi lebih untuk mempermudah orang  bertransaksi tapi transaksinya tidak hanya pembayaran saja tapi juga donasi, itu sebenarnya target utama dari kami adalah gimana kita bisa melalui  teknologi, kita mempemudah orang  berdonasi,” jelas Budi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close