DestinationHeadline NewsTourismTransportation

Belum Diresmikan, Pelabuhan Kuala Tanjung Sudah Didatangi Kapal Pesiar Super Mewah

Sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Juli atau Agustus 2018 mendatang, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara,  telah diujicobakan oleh Kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut. Tak tanggung-tanggung Kapal yang bersandar itu adalah Kapal Pesiar Cruise Superstar Libra pada Kamis, 5 April 2018. Kapal pesiar ini menjadi kapal pesiar pertama yang merasakan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kapal ini membawa 600 wisatawan asing asal Singapura, Malaysia dan Australia. Para wisatawan ini diajak menikmati objek wisata yang tak jauh dari pelabuhan yakni Danau Toba.

Kedatangan kapal super mewah berkapasitas 2.000 penumpang itu disambut Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Nurhajizah Marpaung didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut  Hidayati.

“Ini masih uji coba, mudah-mudahan nanti setiap minggu akan masuk. Dan bila dermaga ini sudah rapi. Insya Allah, Juli atau Agustus akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo,” ujar Nurhajizah.

Nurhalizah mengatakan uji coba berjalan mulus dan tidak ada gangguan yang dialami Kapal Pesiar Cruise Superstar Libra saat bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung. Dengan  uji coba yang  berbuah manis ini, Nurhalizah yakin kehadiran Pelabuhan Kuala Tanjung dapat meningkatkan kunjungawan wisatawan mancanegara (wisman).

Untuk meningkatan kunjungan wisman tersebut, akan dibuatkan paket perjalanan  dengan mengunjungi destinasi wisata menarik di Sumut.  Bahkan kedepan  bagi kapal pesiar yang bersandar, durasi kunjungannya tidak lagi 5-6 jam, namun dapat bermalam hingga 2 hari untuk dapat menikmati destinasi wisata yang ada di Sumut.

Kehadiran kapal Star Cruiser Libra di Pelabuhan Kuala Tanjung, juga menjadi bukti kesiapan pelabuhan tersebut menjadi hub internasional.

“Pelabuhan Kuala Tanjung sudah siap menjadi hub internasional. Dan diharapkan ke depan kapal pesiar yang lebih besar lagi bisa bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung ini, agar target wisman ke Sumut 1 juta tahun 2019 bisa tercapai,” kata Nurhajizah.

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo bila uji coba ini berhasil, maka Genting Cruise sebagai induk usaha Superstar LIBRA Cruise berkomitmen akan menyandarkan kapalnya di Pelabuhan Kuala Tanjung seminggu sekali. Kapal pesiar ini pun memiliki 16 trip disepanjang tahun ini.

“Karena itu kami gencarkan koordinasi bersama stakeholder seperti Pelindo dan Kementerian Perhubungan agar ini berjalan sukses. Sebab, mereka sudah siap mendatangkan sekitar 500 wisatawan tiap minggu ke Danau Toba,” tuturnya.

Sementara,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Dr Hidayati mengatakan, bersandarnya Kapal Pesiar Cruise Superstar Libra merupakan salah satu strategi untuk mencapai target 1 juta wisatawan ke Sumut. Dalam tahun ini, direncanakan akan ada 4 kali kapal pesiar akan bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung hingga bulan Oktober tahun 2018.

“Cruise Superstar Libra ini paket perjalanannya banyak, bukan hanya ke Sumut. Nantinya wisman yang sudah pernah ke sini dapat menceritakan kepada yang lain, agar tetap singgah ke Sumut,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close