EconomicHeadline News

Berdayakan Sektor UMKM, Jabar Siap Jadi Tuan Rumah Gernas BBI

Pemerintah menunjuk Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagai tuan rumah Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang rencananya akan dimulai April 2021. Penyelenggaraan event ini berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Jabar.

Nantinya selama bulan April, akan diisi oleh berbagai event promosi produk-produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) lokal. Karena dipilih Jabar sebagai tuan rumah, maka Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjadi brand ambassador atau key opinion leader (KOL) Gernas BBI.

Ridwan Kamil menyatakan  provinsi Jabar siap menjadi tuan  rumah event akbar yang kaya manfaat ini. Agar event ini dapat berjalan sukses, Ridwan Kamil mengajak masyarakat Jabar untuk mendukung event ini dengan melakukan transaksi lewat online. Pasalnya selama event berlangsung UMKM yang terlibat akan memasarkan produknya secara daring.

“Jangan hanya UMKM yang dipaksa untuk on boarding digital, masyarakat juga harus dipaksa untuk melakukan transaksi digital,” ujarnya usai rakor persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Minggu (21/3/2021) di Gedung Sate, Kota Bandung.

Kepada pelaku UMKM, Ridwan Kamil berpesan untuk siap menerima kritik membangun untuk pengembangan produknya yang siap bersaing dengan produk lain termasuk produk dari negara lain.

 “Saya pun melihat produk yang dihasilkan UMKM itu berkualitas dan sangat bagus, maka dari itu harus mau dikritisi agar dapat berkembang. Saya yakin dengan teamwork semuanya akan berjalan lancar dan saya juga ingin berada dalam tim tersebut,” ungkapnya.

Menurut Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Jabar akan mengajak Provinsi Bali untuk berkolaborasi dalam penyelenggaran event ini. Dipilihnya Bali,  karena merasakan kondisi  yang sama dengan Jabar  di tengah pandemi Covid-19. Tidak sedikit pelaku UMKM di pulau Dewata yang kena imbas dari wabah penyakit menular ini

 “Saya telah bertemu Gubernur Bali, karena Bali kan ekonominya lebih terdampak daripada kita. Ada semangat kolaborasi dan solidaritas yang akan dikerjasamakan,” katanya.

“Intinya luar biasa kolaborasinya, pokoknya belanja UMKM adalah bela negara,” tambahnya.

Gernas BBI akan dilaksanakan secara hybrid, ada yang mengikuti via online dan bisa juga secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Gernas BBI bertujuan agar masyarakat bangga  membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri.

“Yang paling utama kita ingin mendorong semakin banyak UMKM yang sudah mulai go digital,” ujarnya.

Teten berujar, Gernas BBI tuan rumahnya adalah Jabar dan Ridwan Kamil sebagai brand ambassador. Diharapkan partisipasi UMKM Jabar tinggi.

 “Jadi saya kira Kang Emil adalah sebagai brand ambassador yang tepat untuk produk UMKM karena itu nanti akan dikurasi produk-produk UMKM yang kita mau dorong di bulan April ini, nah ini kerja kolaborasi dengan semua pihak kami,”ucapnya.

 Teten mengucapkan banyak terimakasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung kegiatan Gernas BBI, di antaranya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan kalangan perbankan lain termasuk BJB.

“Jadi ini saya kira nanti April selama sebulan penuh tiap hari kita promosikan produk UMKM. Kita ajak seluruh masyarakat Jabar dan Indonesia untuk membeli produk UMKM dari Jabar, karena produknya sudah unggul,” sebutnya.

“Karena memang produknya lebih keartisan yang unggul yang punya daya saing sehingga di satu tahap untuk mendorong produk UMKM kita on boarding di platform digital global,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto menyampaikan rakor membahas juga gelaran Sinergi Pekan Kerajinan Jabar dan Karya Kreatif Jabar 2021 persembahan pemdaprov, pemkab/pemkot, dan dekranasda, dengan dukungan utama dari BI Jabar, BI Cirebon dan BI Tasikmalaya.

“Ini adalah sebagai dukungan terhadap Gernas BBI yang di bulan April akan berlokasi di Jabar sebagai main event nasional,”katanya.

Katanya, event tersebut akan mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

“Sebagai upaya berkesinambungan untuk menciptakan new UMKM Jabar secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing. Bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi optimal di masa pandemi terhadap perekonomian tidak hanya Jabar, tapi juga nasional,” imbuhnya.

Nantinya, dalam rangkaian acara akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar dan Dekranasda Jabar.

Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan, dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jabar secara nasional.

“Mari kita dukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan mendukung Gernas BBI dan BWI melalui pembelian produk UMKM dan berwisata di dalam negeri namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,”ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button