Music

Berlangsung Meriah dan Diikuti Banyak Peserta, Kontes Lagu Imlek Resmi Digelar

Kontes Lagu Imlek yang digagas Perhimpunan  Hakka Indonesia Sejahtera dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2021, hari ini, Sabtu (14/11/2020) resmi dimulai. Rangkaian kontes hingga final akan ditayangkan EL JOHN TV disaat menjelang Imlek tahun 2021. Selain di EL JOHN TV, kontes ini juga disiarkan Naning TV dan 23 stasiun tv lokal lainnya yang tersebar di 13 negara.

Kontes  perdana  diselenggarakan di  kantor  Perhimpunan  Hakka Indonesia Sejahtera, di Jalan Batu Tulis, Pecenongan, Jakarta Pusat. Jalan konser pun  berlangsung meriah dengan dihadiri ratusan tamu undangan, saat acara pembukaan kontes dilangsungkan melalui aplikasi zoom. Mereka yang ikut menyaksikan pembukaan ini, antara lain merupakan perwakilan dari Organisasi Tionghoa di Indonesia.

Tak ketinggalan Kepala Stasiun Naning tv Mr Yi Wei juga ikut menyaksikan acara pembukaan, langsung dari Tiongkok. Kontes dibuka oleh Ketua Panitia Jeanne Laksana.

Kontes diikuti 130 peserta yang terdiri dari 79 peserta kategori anak dan 51 peserta kategori dewasa. Untuk kategori anak, babak penyisihannya digelar di kontes perdana hari ini. Sedangkan untuk kategori dewasa digelar Minggu besok ( 15/11/2020).

Para peserta dinilai oleh 11 juri yang terdiri dari dua juri kehormatan, lima juri profesional dan empat juri dari Naning TV. Penilaian dilakukan dengan melihat video penampilan para peserta, mulai dari tehnik vokal, pemahaman lagu hingga gaya saat tampil di video.

Ketua Panitia Jeanne Laksana mengatakan jumlah peserta yang tampil akan dirampingkan sesuai penilaian dari para juri. Mereka yang lolos di babak berikutnya berhak mengirim video penampilan terbarunya.

“Jadi untuk hari ini, kami akan memilih 20 pemenang untuk nanti masuk di babak kedua tanggal 22 November 2020. Lalu dari 20 besar itu kita pilih lagi 10 peserta untuk masuk semifinal. Dan setelah tanggal 22, kami pilih lagi lima peserta untuk masuk grand final di Yogya untuk menentukan juara-juaranya,” kata Jeanne saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News disela-sela acara kontes.

“Untuk tanggal grand final masih dalam pembahasan pihak panitia, namun ada usulan digelar di awal Desember,” tambah Jeanne.

Kontes Lagu Imlek ini menjadi acara yang pertama di dunia yang diinisiasi Perhimpunan  Hakka Indonesia Sejahtera. Kontes tersebut didukung oleh organisasi besar Tionghoa Indonesia lainnya, yakni INTI,  PSMTI, Paguyuban Meizhou Indonesia, Konsursium Musisi dan Penyanyi Indonesia, Perhimpunan Fujian Indonesia, Perkumpulan Persatuan Guandong Indonesia, Perkumpulan Hakka Jakarta,  Paguyuban Hakka Yogyakarta dan Perkumpulan Hakka NTT serta EL JOHN Media. Selain itu, kontes ini juga disuport oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kontes ini masuk dalam bagian program melodi musim semi yang menjadi program bersama sejumlah negara termasuk Indonesia dalam menyambut datangnya Imlek. Konten yang ditampilkan dalam program melodi musim semi ini, di antaranya pagelaran seni dan budaya serta memperkenalkan pariwisata di setiap masing-masing negara. Hingga berita ini dimuat, konser perdana masih berjalan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close