DestinationHeadline NewsSportsTourism

Bintan Triathlon 2017 Sukses Sedot Wisman

Semangat dan motivasi tinggi ditunjukan oleh 1.300 perserta sportourism Bintan Triathlon 2017 di Pantai Nirwana, Nirwana Garden Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu, 20 Mei 2017. Mereka yang berasal dari 37 negara langsung berlarian menyerbu bibir Pantai Nirwana saat lomba dinyatakan dimulai  dan berenang  sejauh 1,5 km. Kemudian para peserta melanjutkan ke sesi balap sepeda sejauh 40 kilometer menyusuri hijaunya hutan dan indahnya danau di kawasan Bintan Lagoi.

Hembusan udara segar menemai para peserta yang berlari sejauh 10 km menuju garis finish.  Bintan Triathlon 2017 memperlombakan lima kategori yaitu, Olympic Distance yakni renang 1,5 kilometer, balap sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Lalu ada Sprint Distance terdiri dari renang 750 meter, sepeda 20 kilometer dan lari lima kilometer.

Kemudian, kategori Youth Distance yaitu renang 300 meter, sepeda 12 kilometer, dan tiga kilometer. Terakhir kategori Fun Race Duo Race Duo Challenge yakni renang 1,5 kilometer sepeda 150 meter, serta lari sampai garis finish.

Kejuaraan Triathlon 2017 ini dibuka dengan tarian tarian tradisional Kepulauan Riau dengan latar pemandangan pantai Nirwana yang begitu eksotik.  Bintan Triatlon 2017 bagai magnet yang kuat bagi para wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus). Tidak kurang 3000 lebih pengunjung menjadi saksi perhelatan tahunan ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira, mengatakan  sporttourism ini mimiliki dampak yang luar bisa dalam mendulang  perekomian di kawasan Bintan. Hal itu terlihat dari semua kamar hotel di kawasan Bintan Lagoi penuh, bahkan sampai keluar kawasan juga penuh “Hotel-hotel di Tanjung Pinang merasakan dampaknya,” ujar Luki disela kegiatan Bintan Triathlon 2017 di Nirwana Garden Resort, Kabupaten Bintan, Kepri.

Meski tidak menyediakan hadiah uang, namun Bintan Triathlon ditetapkan sebagai  ajang olahraga bergengsi, terutama bagi atlet triathlon. Bahkan bagi peserta menjadikan  Bintan Triathlon 2017 sebagai  ajang pemanasan para peserta sebelum menuju pelaksanaan Ironman 70.3 yang akan digelar Agustus mendatang di tempat yang sama.

Metasport penyelenggara kegiatan Bintan Triatlon memberikan medali khusus bagi para pemenang. Di kalangan atlet triathlon, mendapatkan medali tersebut merupakan kehormatan dan bergengsi.

Acara Bintan Thriatlon 2017 telah sukses digelar dengan dukungan Wonderful Indonesia. Ini menjadi acara sportourism yang selalu dinanti atlet dan penggemar triathlon di seluruh dunia. Tercatat 1.300 peserta dari 37 negara mengikuti ajang Bintan Triathlon 2017. Jumlah pengunjung total yang diraih 3.000 lebih, dengan kalkulasi tiap atlet membawa krunya lebih dari dua. Bahkan banyak yang membawa keluarganya sekalian berlibur.

 

Bupati Bintan Apri Sujadi mengaku yang paling menyenangkan melihat waktu para peserta dan keluarga menginap. Padahal kejuaraan Thriatlon hanya dua hari namun rata-rata para peserta tinggal lebih dari dua hari. Kebanyak para peserta  manfaatkan waktu usai bertanding untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di pulau Bintan. Dengan masa tinggal lebih lama, tentunya Apri berharap perekonomian di Kabupaten Bintan bisa terangkat.

Apri tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang turut aktif mendukung berbagai bentuk kegiatan pariwisata di Bintan, termasuk Bintan Triathlon 2017 kali ini. Kegiatan Bintan Triatlon ini merupakan upaya Bintan mendongkrak kunjungan wisman.

Apri menargetkan pada tahun 2017 ini Bintan bisa dikunjungi 500 ribu wisman.  Untuk menembus target tersebut, berbagai upaya dibenahi seperti sektor  keamanan, kebersihan hingga upaya membuat bandara di kawasan Bintan Lagoi untuk pesawat sewaan.

“PAD (Pendapatan Asli Daerah) kami 45 persen dari pariwisata, jadi tidak ada alasan lain, kami akan all out kembangkan pariwisata di Bintan, masa depan kami ada di pariwisata,” kata bupati.

Bupati menjelaskan pada dua bulan di awal tahun ini, Bintan telah menghasilkan 80 ribu wisman. Ini menurutnya merupakan suatu yang menggembirakan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan Kementerian Pariwisata sangat mendukung acara Bintan Triathlon. “Bagi Kemenpar, Kepri dan Bintan pada khususnya merupakan lumbung wisman bagi Indonesia. Letak yang sangat dekat dengan Singapura dan berbagai kemudahan akses menjadikan Bintan sangat strategis untuk menggaet wisman,” ujar Esthy.

Esthy menjelaskan tahun 2017 ini Kemenpar yang dipimpin Menteri Arief Yahya menargetkan 15 juta kunjungan wisman, dan 2,5 juta dihasilkan dari Kepulauan Riau termasuk Bintan. Sebab itu menurutnya, berbagai kegiatan promosi gencarkan dilakukan di Bintan dan Batam, seperti festival, sportourism, dan kegiatan cross border lainnya.

Wanita berhijab ini melanjutkan, kegiatan promosi dan penjualan juga diintensifkan di Singapura dan Malaysia yang merupakan pasar terbesar bagi Bintan. Bintan Triathlon sangat signifikan mendulang wisman, dari keseluruhan peserta maupun penonton hampir 90 persen didominasi wisman.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button