Headline NewsInvestment

BKPM: Tren Investasi Eropa di Indonesia Mulai Pulih

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengakui investasi Eropa di Indonesia memperlihatkan tren peningkatan. Hal ini terjadi lantaran kini ekonomi di Benua Biru sedang pulih. Demikian disampaikan Deputi Bidang Iklim Investasi BKPM Farah Ratnadewi dalam sambutan di BKPM-EuroCham Investment and Economic Outlook 2018, Kamis, 8 Februari 2018.

Data yang dihimpun BKPM menyebutkan Eropa menempati posisi keempat sebagai mitra investasi Indonesia. Di posisi teratas ada Singapura, Jepang, dan China.  Farah mengatakan  kontribusi investasi Eropa sebesar 10% dari total investasi di Indonesia pada tahun lalu, atau sama dengan China.

“[Nilainya] Mencapai US$3,2 miliar. Naik 20% dari realisasi investasi Eropa pada 2016,” ujarnya.

Farah menilai negara-negara eropa seperti berlomba-lomba menanamkan modalnya di Indonesia. Hal itu terlihat dari  posisi Belanda dan Inggris yang menjadi penyumbang terbesar investasi di Indonesia. Untuk Belanda nilai investasi yang sudah dikuncurkan ke Indonesia mencapai  41 %, sedangkan Inggris sebesar 24%.

Dia menambahkan tren bagus ini tidak hanya diperlihatkan oleh negara mainstream, tapi juga negara-negara lainnya seperti Polandia dan Denmark.

Selama ini, investasi yang disumbangkan oleh negara-negara Uni Eropa (UE) membantu Indonesia dalam membuka lapangan kerja di dalam negeri. Imbal baliknya, investor Eropa dapat menikmati hasil dari pertumbuhan populasi muda di Indonesia dan kelas menengah yang menunjukkan keterampilan kerja yang baik.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close