Headline NewsTechnologyTransportation

BMKG Kembangkan Aplikasi Pemantau Cuaca Hadapi Mudik Lebaran

Tidak hanya Kementerian Perhubungan yang memutar otak untuk mencari solusi agar ada kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di lebaran tahun ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga demikian. BMKG saat ini sedang  mengembangkan aplikasi terkait informasi cuaca dalam menghadapi mudik lebaran Idul Fitri 2017.

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada namun belum begitu sempurna apalagi dalam menghadapi mudik harus ada kemudahan masyarakat dalam mengakses aplikasi ini supaya rencana mudiknya dapat berjalan lancar.

“Terkait dengan produk aplikasi mobile baik berbasis Android maupun IOS kita diminta mengembangkan lagi sehingga para pemudik bisa mendapatkan informasi cuaca dan iklim bahkan gempa bumi yang terjadi di sekitar dimanapun mereka berada,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta.

Menurut dia, hal itu merupakan tantangan bagi BMKG karena akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan pada 25-26 Juni 2017.

Saat ini BMKG telah menghasilkan aplikasi Info BMKG yang dapat di unduh secara gratis di Android maupun IOS yang berisi berbagai macam informasi terkait cuaca, iklim, kualitas udara dan gempa bumi. Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dikembangkan BMKG untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Rakornas BMKG mengatakan BMKG merupakan penyedia informasi terkait cuaca, iklim, gempa bumi dan lainnya karena itu harus terus melakukan inovasi sehingga informasi yang dihasilkan bisa sampai ke masyarakat.

Selain itu, BMKG juga menurut Budi harus mengaplikasikan teknologi yang ada dan disini perlu kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah dihasilkan sehingga tidak tergantung dengan teknologi impor yang akhirnya akan mengurangi pengeluaran.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button